10 Tips PDKT Lewat SMS

Ada berbagai tips dan trik ampuh yang bisa anda gunakan untuk melakukan pendekatan (PDKT) dengan menggunakan media SMS atau messenger seperti WhatsApp, BBM, Line, dan lain-lain.  Ya, jika anda berdua sudah bisa akrab melalui SMS, tentu saja kemungkinan untuk menjadi dekat di dunia nyata menjadi lebih besar.  Selain itu, PDKT melalui SMS juga terbilang lebih aman dan tidak beresiko.

Walaupun terkesan mudah, diperlukan teknik dan seni tersendiri agar pendekatan melalui pesan singkat bisa berhasil dengan maksimal.  Jika anda melakukan kesalahan, bisa jadi hubungan anda dengan target anda akan putus sama sekali.  Langsung saja, mari kita simak 10 tips PDKT lewat SMS dari Top10Indo:

by Carissa Rogers on Flickr.com via Creative Commons


10.  Tunggu beberapa hari setelah mendapat nomor kontak target anda

Ketika anda berhasil mendapatkan nomor HP, nomor PIN, atau kontak messenger, jangan langsung mengirimkan pesan singkat pada sang target.  Tunggu sekitar 2-3 hari, baru mulai aksi anda.  Jika anda langsung mengontaknya pada hari yang sama anda mendapatkan nomor sang target, ia bisa merasa "GR" dan hal ini membuat anda pada posisi seolah-olah sedang mengejarnya.

Poin penting dalam melakukan PDKT lewat SMS adalah anda tidak boleh nampak sebagai pihak yang sedang mengejar sang target.  Tunjukkan perhatian dan ketertarikan, namun jangan sampai anda terlihat sangat tergila-gila padanya.



9.  Mulai dengan pesan singkat dan simpel


Pesan singkat dan simpel seperti "Hai", dan "Apa kabar" yang diikuti dengan perkenalan singkat diri anda adalah yang paling efektif untuk mengawali pendekatan lewat SMS.  Tunggu respon dari sang target.  Jangan mengirimkan SMS apapun kecuali anda sudah mendapat balasan.  Cobalah untuk bersabar dan perhatikan juga responnya.

Usahakan tidak terlalu berpanjang lebar saat memperkenalkan diri anda.  Hal ini bisa terlihat mencurigakan, dan sang target merasa bahwa anda sedang mencoba membuatnya terkesan.  Oleh karena itu, SMS yang singkat dan padat adalah strategi yang paling aman digunakan.



8.  Pilih waktu yang tepat untuk mengirim SMS

Ketika anda sudah mulai bertukar SMS dengan sang target, amati kira-kira waktu yang paling tepat untuk mengirimkan SMS padanya.  Sangat disarankan untuk saling bertukar-kirim SMS setelah ia sudah selesai menyelesaikan aktivitas rutin hariannya, misalkan di sore hari selepas kuliah atau sesudah pulang sekolah.

Waktu yang paling nyaman untuk mengirimkan SMS sebenarnya adalah di malam hari, saat menjelang tidur.  Tentu ini dengan perkiraan bahwa target anda tidak bekerja dalam shift malam.  Kirim SMS sekitar jam 9 atau 9.30 malam.  Jika ia membalas SMS anda, dan bersedia melanjutkan obrolan hingga larut malam, ini merupakan pertanda bahwa anda semakin dekat dengan sang target.



7.  Jangan sampai SMS anda membuatnya merasa terganggu


PDKT lewat SMS bisa gagal total apabila ia merasa terganggu dengan SMS-SMS yang anda kirimkan.  Rasa terganggu atau risih ini bisa terjadi apabila anda terlalu banyak mengirmkan pesan singkat dalam satu hari.  Sangat tidak disarankan untuk mengirim SMS yang kira-kira berbunyi, "Kenapa kamu nggak balas SMS saya?", karena hal ini bisa membuatnya merasa terganggu, apalagi jika belum ada status resmi dalam hubungan anda berdua.  Oleh karena itu, sabarlah dan batasi diri anda.  Jangan terlalu banyak mengirimkan SMS, dan jangan coba untuk membuatnya serasa dimata-matai.  Cobalah untuk tetap cool, dan hal ini justru bisa membuat anda terlihat menarik di mata sang target.



6.  Obrolan pendek

Saat berkirim SMS, cobalah untuk membatasi jumlah obrolan anda.  Jangan terlalu sering mengobrol dalam waktu yang lama, karena hal ini bisa membuat anda bosan satu sama lain dan kehabisan bahan untuk dibicarakan di hari-hari berikutnya.  Simpanlah bahan obrolan yang menarik, dan beri tahu sedikit demi sedikit sehingga sang target merasa penasaran.

Jumlah yang disarankan untuk bertukar pesan maksimal adalah 4 sampai 6 kali.  Selain efisien, jumlah ini juga bisa membuat anda berdua merasa rindu satu sama lain.  Jika pada akhirnya ia memutuskan untuk mulai saling bertelepon, artinya PDKT anda sudah mengalami kemajuan.



5.  Tunjukkan perhatian anda tentang aktivitas hariannya


Baca baik-baik SMS darinya, dan tunjukkanlah bahwa anda merasa tertarik dengan hal-hal yang ia lakukan.  Setidaknya, tunjukkan bahwa anda memperhatikan kegiatan sehari-harinya di dalam SMS yang anda kirimkan untuknya.  Misalkan pada SMS-nya yang terakhir sang target mengatakan sedang sibuk membuat presentasi tugas, maka pada SMS tanyakanlah bagaimana hasil presentasi sang target dalam SMS anda hari ini.

Saling perhatian adalah kunci terbentuknya suatu hubungan kasih.  Jika anda saling memperhatikan satu sama lain, rasa sayang dan saling memiliki akan tumbuh perlahan-lahan, dan hubungan anda berdua akan melangkah lebih jauh lagi.



4.  Jangan terburu-buru membalas pesan

Ini adalah satu seni yang harus diperhatikan dalam PDKT melalui SMS.  Jangan terlalu sering langsung membalas SMS dari sang target, apalagi jika ia yang terlebih dahulu mengirim SMS pada anda.  Beri jeda sesuai dengan feeling anda.  Bisa 30 menit, 1 jam, atau bahkan beberapa jam.  Ini semua tergantung dari jam berapa sang target mengirim SMS dan seberapa sibuk anda.

Jika anda memang sedang benar-benar sibuk, selesaikanlah dulu aktivitas anda, baru kemudian balas SMS tersebut.  Hal ini akan membuat anda tidak nampak terlalu mengejar sang target.  Keep it cool, maka selangkah lagi pendekatan anda melalui SMS akan berhasil.



3.  Jangan selalu mencoba merayu, tapi rayulah di saat yang tepat


Ketika anda berdua sudah merasa sangat dekat (ditandai dengan frekuensi SMS yang mulai rutin dan sering), anda bisa memulai langkah anda untuk merayu sang target dengan mengirimkan SMS-SMS rayuan, seperti yang bisa anda baca dalam artikel kami tentang "kata-kata romantis untuk menyatakan cinta".  Jika ia tersenyum dan memberikan respon positif, berarti pendekatan anda berhasil.  Jika tidak, berarti anda harus menunggu lebih lama lagi.

Walaupun anda sudah sangat dekat, jangan memenuhi SMS anda dengan terlalu banyak kata-kata rayuan.  Tetaplah berbincang-bincang secara biasa, dan hanya berikan rayuan di akhir SMS.  Ini akan membuat rayuan tersebut terasa lebih maut.



2.  Pegang kontrol

Keberhasilan PDKT melalui SMS sangat bergantung pada kemampuan anda untuk memegang kontrol percakapan melalui SMS.  Selalu berusahalah untuk menjadi pihak yang mengakhiri pertukaran percakapan melalui SMS atau pesan singkat lainnya.  Katakan bahwa "Wah, maaf...saya harus mengerjakan tugas.", atau "Udah dulu ya, saya ada pekerjaan penting." begitu anda merasa percakapan SMS yang anda lakukan hari itu sudah cukup.  Dengan memegang kontrol percakapan, anda tak akan tampak terlalu antusias, dan ini juga membuat sang target berpikir bahwa anda bertanggung jawab terhadap tugas yang anda miliki.  Sama seperti dalam peperangan, pihak yang memegang kontrol akan selalu menjadi pemenang.



1.  Berikan pujian sebelum mengakhiri SMS


Pujian adalah salah satu cara ampuh untuk merayu wanita maupun pria.  Sisipkanlah berbagai pujian untuknya dalam SMS yang anda berikan, terutama sebelum anda mengakhiri SMS.  Kata-kata seperti "Wah, kamu rajin banget ya", atau "Hebat.", bisa membuat ia merasa bahagia dan makin dekat dengan diri anda.

Satu hal yang perlu diingat, jangan terlalu banyak memberikan pujian sehingga anda terkesan menjilat.  Lontarkan pujian dalam waktu yang tepat, dan jika anda sudah makin dekat, pujian-pujian tersebut bisa diberikan dalam bentuk yang lebih mesra.  Semoga 10 tips PDKT lewat SMS dari kami berguna bagi anda.

Artikel Lainnya