10 Tips Agar Cepat Hamil

Kehamilan merupakan suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu pasangan suami-istri.  Banyak pula pasangan yang ingin hamil sesegera mungkin setelah menikah dengan berbagai pertimbangan, terutama usia sang ibu dan produktivitas sang ayah.  Pada artikel kali ini, Top10Indo akan membahas berbagai macam tips ampuh agar cepat hamil dan mendapatkan keturunan.

Pada intinya, ada sangat banyak metode yang bisa anda lakukan untuk mempercepat kehamilan, dan semua metode ini relatif mudah dan alami.  Yang tidak boleh dilupakan, kehamilan bukanlah suatu hal matematis.  Jangan pernah menyerah untuk berhenti berusaha dan berdoa.  Langsung saja, berikut tipsnya:

by Emily Burnett. Flickr.com via Creative Commons


10.  Pola makan yang sehat

Langkah pertama yang harus anda lakukan agar cepat hamil adalah memperhatikan dan menjaga pola makan.  Pastikan untuk mengonsumsi asupan gizi yang ideal, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan kalsium.  Jika anda berniat untuk segera dikaruniai momongan, pastikan bahwa anda dan pasangan mengonsumsi menu 4 sehat 5 sempurna setiap harinya,

Dengan menjaga nutrisi dan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh, kualitas sperma serta sel telur yang diproduksi menjadi makin bagus.  Dengan meningkatnya kualitas sperma dan ovum, potensi terjadinya kehamilan pun juga akan semakin tinggi.



9.  Berat badan ideal


Berdasarkan penelitian, berat badan ideal sangat berpengaruh terhadap potensi terjadinya kehamilan.  Body Mass Index (BMI) yang ideal untuk mempermudah proses kehamilan adalah antara 20 sampai 25.  Jika berat badan anda di atas atau di bawah standar normal, potensi kehamilan akan semakin berkurang, dan ada banyak risiko yang terjadi semasa masa kehamilan.

Ibu yang memiliki berat badan terlalu tinggi memiliki risiko diabetes dan hipertensi yang bisa berakibat pada berbagai komplikasi.  Oleh karena itu, usahakanlah untuk menjaga berat badan ideal.  Jika terlalu berat, lakukan diet.  Jika berat badan anda terlalu rendah, konsumsilah lebih banyak kalori.



8.  Detoksifikasi (mengurangi kadar racun dari dalam tubuh)

Detoksifikasi yang dimaksud di sini adalah yang dilakukan secara alami.  Caranya mudah, anda cukup meminum setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya.  Pastikan juga anda mengonsumsi banyak serat dan sayur-sayuran sehingga buang air besar dan kecil menjadi lancar dan tidak ada lagi racun dan zat-zat sisa yang menumpuk di dalam tubuh.

Rokok dan alkohol adalah sumber racun yang bisa merusak kualitas sel sperma dan ovum.  Oleh karena itu, jika anda benar-benar menginginkan kehamilan, hindari konsumsi kedua zat tersebut.  Selain kualitas sperma menjadi lebih baik, menghindari rokok dan alkohol juga meningkatkan kesehatan anda secara umum.



7.  Hindari kafein dan obat-obatan


Kafein dikenal sebagai zat yang mampu membuat anda lebih aktif dan waspada.  Biasanya, kafein dikonsumsi jika anda ingin tetap terjaga dan menghindari rasa kantuk.  Namun jangan salah, konsumsi kafein yang berlebihan bisa mengurangi potensi kehamilan.  Berdasarkan penelitian, minum setidaknya 4 cangkir kopi dalam sehari  mengurangi potensi kehamilan hingga 26 persen.

Selain kafein, anda juga disarankan untuk menghindari terlalu banyak konsumsi obat-obatan dari apotek seperti paracetamol dan obat pusing lainnya.  Zat-zat kimia dalam obat-obatan tersebut memiliki efek negatif yang bisa menurunkan persentase kehamilan.



6.  Frekuensi hubungan suami istri

Secara logika, untuk meningkatkan kehamilan yang perlu dilakukan adalah menambah usaha yang bisa membuat anda berdua hamil.  Satu-satunya cara untuk melakukan hal ini adalah dengan memperbanyak hubungan intim antara suami-istri.  Semakin banyak usaha yang anda lakukan, semakin besar pula peluang kehamilan terjadi.

Hubungan intim juga memiliki manfaat baik secara fisik maupun psikologis.  Secara psikologis, rasa cinta dan kasih sayang antar pasangan akan semakin erat.  Secara fisik, hubungan suami-istri mampu mengurangi stress, sakit kepala, dan susah tidur.



5.  Pahami masa subur anda


Masa subur adalah saat-saat di mana sel telur pada wanita berada pada kondisi terbaiknya, dan apabila dibuahi ada kemungkinan besar akan menjadi janin.  Jika anda ingin cepat hamil, sangat disarankan untuk melakukan hubungan intim saat sang wanita sedang berada dalam masa subur.  Baca saja artikel tentang "10 Cara Menentukan Masa Subur Wanita" untuk memahami konsep ini lebih dalam.

Normalnya, masa subur wanita terjadi dua minggu setelah periode haid pertama.  Oleh karena itu, perbanyaklah frekuensi hubungan suami istri pada masa-masa tersebut.  Jika anda ingin hasil yang lebih akurat, gunakan saja alat untuk mendeteksi masa subur.



4.  Jangan stress

Stress adalah musuh utama jika anda ingin cepat hamil.  Hindari berbagai aktivitas yang bisa membuat anda frustrasi, karena frustrasi yang berkepanjangan bisa berakibat stress, bahkan depresi.  Berdasarkan penelitian, stress dan tekanan psikologis lain berpotensi untuk "membunuh kualitas sperma dan ovum" sehingga pembuahan akan selalu gagal.

Banyak kasus terjadi, di mana kedua pasangan secara fisik memiliki sperma dan sel telur yang normal, namun tidak juga kunjung hamil.  Setelah ditelusuri, penyebab utama hal itu adalah stress berlebih yang juga ikut terbawa saat keduanya berhubungan intim.  Oleh karena itu, buanglah jauh-jauh rasa stress jika anda ingin cepat dikaruniai momongan.



3.  Konsultasi dokter


Dokter kandungan bisa memberi anda berbagai vitamin, nutrisi, serta tips agar cepat hamil.  Oleh karena itu, jika anda menginginkan panduan yang akurat dari para profesional jangan ragu untuk mengunjungi dokter dan mengadakan sesi konseling bersama pasangan anda.  Lakukan juga check-up secara rutin untuk memonitor kondisi kesehatan anda berdua.

Dengan berkonsultasi pada dokter kandungan yang ahli, peluang untuk cepat hamil akan semakin besar.  Mereka juga bisa membantu anda dalam berbagai persiapan menghadapi kehamilan dan kelahiran bayi,  Panduan dokter sangat disarankan bagi pasangan muda yang belum memiliki anak.



2.  Minimalisir penggunaan alat KB

Walaupun anda berminat untuk tidak memiliki anak pada periode-periode awal pernikahan, cobalah untuk menghindari penggunaan alat KB semaksimal mungkin.  Wanita yang sebelumnya belum pernah hamil namun sudah menggunakan alat KB secara reguler memiliki peluang hamil yang lebih kecil, karena alat-alat KB seperti spiral, pil, maupun suntik sangat berpengaruh pada hormon-hormon kewanitaan.

Jika anda memang berniat menunda kehamilan, gunakanlah berbagai kontrasepsi manual yang lebih alami.  Sistem kalender bisa digunakan pada wanita yang memiliki periode haid teratur.  Penggunaan kondom juga terbilang aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya.



1.  Tak perlu terburu-buru


Satu hal terpenting bagi pasangan yang ingin dikaruniai momongan: anda tidak boleh terburu-buru.  Rasa terburu-buru hanya akan membuat anda serasa dikejar-kejar target, dan pada akhirnya anda justru tidak bisa menikmati proses kasih sayang yang terjadi antara diri anda dan pasangan.  Seperti yang disebutkan di atas, kehamilan bukanlah perhitungan matematis yang bisa diprediksi dengan pasti.

Yang jelas, nikmati dan bersyukurlah.  Sayangilah pasangan anda, maka potensi agar cepat hamil juga akan menjadi lebih besar.  Berdoalah, karena kehamilan juga memiliki hubungan yang erat dengan kehendak Sang Pencipta.  Semoga tips agar cepat hamil dari kami berguna bagi anda.

Artikel Lainnya