10 Game Nintendo DS Terbaik

Selain Playstation dan XBox, Nintendo DS (NDS) adalah salah satu konsol game yang penjualannya paling laris di dunia.  Konsol genggam (handheld) ini juga memiliki berbagai game berkualitas tinggi yang asyik untuk dimainkan.  Walaupun mungkin secara grafis kalah dari mesin konsol lainnya, game-game Nintendo DS tetap memiliki gameplay yang memukau dam bisa membuat anda ketagihan.

Nah, dari ratusan game Nintendo DS manakah 10 game yang pantas mendapatkan gelar terbaik?  Kali ini, Top10Indo akan membahas berbagai game NDS yang harus anda mainkan, karena pasti akan memberikan pengalaman seru dan mengasyikkan.  Langsung saja, berikut daftarnya:

Image Credit: Really96, DeviantArt.com via Creative Commons



10.  Grand Theft Auto: China Town Wars


Serial GTA ternyata tidak hanya merajai platform PC, Xbox, dan Playstation saja.  Dalam Nintendo DS, game ini juga dianggap sebagai salah satu game yang terbaik.  Walaupun secara grafis sangat kalah jauh dibandingkan GTA versi PC, GTA China Town War menyajikan sebuah gameplay yang sangat menarik.  Di sini, anda bisa memainkan petualangan yang super asyik, mengendari mobil, menembak lawan, hingga membajak mobil musuh anda.  Semua disajikan dalam gaya khas GTA yang penuh dengan kekerasan, kekacauan, dan tentu saja tembakan senjata api.  Tak heran apabila game ini diberi rating "M", alias hanya cocok dimainkan bagi anda yang berusia 18 tahun ke atas.



9.  Advance Wars: Dual Strike


Game ini adalah game strategi perang yang menuntut kejelian dan kecermatan anda dalam mengatur taktik.  Setelah sebelumnya sempat hadir di platform Game Boy Advance, permainan ini kembali menuai sukses yang cukup besar di konsol NDS.  Selain strategi seru dalam mengendalikan berbagai peralatan perang seperti infantri, tank, pesawat, hingga kapal selam, game ini juga dipresentasikan dalam grafis 2 dimensi yang indah.  Dalam game ini, anda bisa memilih satu karakter tertentu sebagai komando.  Setiap karakter memiliki kekuatan spesial yang berbeda-beda, yang bisa menentukan kalah-menangnya tim anda dalam sebuah pertempuran.  Benar-benar sebuah game yang mengasyikkan!



8.  Animal Crossing


Serial Animal Crossing bisa dibilang sebagai game simulasi terbaik yang pernah dibuat untuk Nintendo DS.  Game ini cocok disebut sebagai "Harvest Moon" versi fantasi, di mana anda berperan sebagai seorang binatang di kota yang penuh hewan-hewan yang bisa berbicara.  Di sini, anda harus melakukan berbagai hal seperti yang dilakukan dalam Harvest Moon, seperti mencari uang, bercocok tanam, dan memancing.

Yang membuat game ini sangat mengasyikkan adalah tingkat adiktifnya yang sangat tinggi.  Sekali memainkannya, anda tak akan bisa berhenti.  Selalu saja ada hal yang harus dilakukan dalam Animal Crossing, seperti mengumpulkan berbagai barang koleksi, menjelajahi arena baru, atau sekedar membantu warga kota lainnya.



7.  Elite Beats Agents


Game ini tergolong game lama, diproduksi pada tahun 2006, namun hingga saat ini masih dianggap sebagai salah satu game NDS terbaik yang tidak tergantikan.  Gameplaynya pun sederhana, dimana anda harus menekan dan mengetuk tombol tertentu, menghubungkan garis putus-putus, dan melakukan aktivitas simpel lainnya.

Yang asyik, anda harus melakukan semua aksi tersebut sesuai dengan irama background musik yang dimainkan dalam suatu misi.  Keberhasilan anda dalam menyesuaikan ketukan dengan irama musik inilah yang nantinya menentukan keberhasilan karakter utama dalam petualangannya yang konyol, gila, dan seru.



6.  The World Ends With You


Wajar bila game ini masuk ke dalam jajaran game Nintendo DS terbaik karena dikembangkan oleh developer yang menciptkan game Kingdom Hearts, salah satu game PlayStation 2 terbaik.  Sama seperti Kingdom Hearts, game ini memiliki unsur anime yang kental, dan mengambil setting di Shibuya, sebuah daerah di Tokyo yang populer karena ada banyak aktivitas anak muda di sana.

The World Ends With You adalah sebuah game pertarungan, salah satu fighting game terbaik untuk konsol NDS.  Untuk memenangkan sebuah pertarungan, anda tidak bisa sembarangan menekan tombol, melainkan harus pula menyesuaikannya dengan tempo dan irama tertentu untuk membuat combo mematikan.  Sangat luar biasa seru!



5.  The Legend of Zelda: Spirit Tracks


Seri "Legend of Zelda" memang sangat populer di kalangan para gamer, bahkan popularitasnya bisa dibilang mendekati seri Final Fantasy atau Super Mario Bros.  Game ini bercerita tentang petulangan seorang anak berbaju hijau bernama Link yang berusaha membebaskan putri cantik bernama Zelda.  Dalam petualangannya, Link dipersenjatai pedang sakti yang bisa mengalahkan berbagai macam monster.                                                                                                                                                                 
Apa yang membuat game ini begitu menarik?  Tentu saja petualangan seru, grafis yang imut-imut, musik yang keren, dan jalan cerita yang menarik.  Hal-hal inilah yang membuat The Legend of Zelda menjadi sebuah game abadi yang bisa dimainkan kapan saja.



4.  Shin Megami Tensei: Devil Survivor


Berbicara tentang game RPG terbaik untuk konsol Nintendo DS, mungkin Shin Megami Tensei inilah rajanya.  Bagaimana tidak, game ini menjanjikan sebuah petualangan super seru yang disajikan dalam gaya anime yang keren.  Memainkan game ini seolah menyaksikan sebuah serial anime berkualitas tinggi, penuh drama dan sangat menegangkan.

Secara gameplay, Shin Megami Tensei juga asyik untuk dimainkan.  Sistem pertarungan klasik ala RPG, sistem level up, skill dan ability baru untuk dipelajari, serta jalan cerita dengan ending yang berbeda membuat game ini nyaris sempurna.


3.  Mario Kart DS


Jika anda pernah memainkan game Crash Team Racing (CTR) di zaman kejayaan PSX, Mario Kart kira-kira juga memiliki sistem permainan yang sama.  Di sini anda bisa memilih satu dari karakter di Super Mario Bros seperti Mario, Luigi, Yoshi, Browser, Princess Peach, dan lain-lain untuk saling berlomba dengan sebuah kart (mobil kecil).

Dalam melakukan balapan, anda juga akan menemukan berbagai senjata yang bisa digunakan untuk menghambat laju lawan anda, mulai dari bom, tempurung kura-kura, roket, dan masih banyak lagi senjata seru lainnya.



2.  Castlevania: Dawn of Sorrow


Game petualangan berbau horor ini memang tidak bisa lepas dari nama besar Nintendo DS.  Tak terhitung berapa jenis serial Castlevania yang sudah dirilis untuk platform ini.  Di antara game-game tersebut, yang diniliai memiliki kualitas terbaik adalah Dawn of Sorrow.

Di sini, anda bermain sebagai Soma Cruz, seorang pemburu hantu yang harus masuk ke kastil drakula untuk membasmi berbagai musuh dan monster yang mengerikan.  Walaupun masih disajikan dalam grafis 2 dimensi yang sederhana, game ini sangat memuaskan untuk dimainkan.  Ada cerita yang sangat asyik untuk diikuti, ability dan magic baru untuk dipelajari, berbagai puzzle untuk dipecahkan, serta monster-monster jahat yang harus dikalahkan.



1.  Pokemon : The DS Generation


Akhirnya terjawab sudah pertanyaan tentang game terbaik untuk konsol NDS.  Ya, serial Pokemon memang pantas apabila dinobatkan sebagai raja dari game-game DS lainnya.  Setiap tahun, selalu muncul versi terbaru dari game Pokemon di Nintendo DS, dengan monster-monster yang lebih keren, petualangan yang lebih seru, dan grafis yang lebih memukau.

Sejauh ini, serial terbaru Pokemon untuk Nintendo DS adalah Pokemon Black Version 2.  Konsepnya pun masih sama dari serial Pokemon sebelumnya, di mana anda harus menangkap 150 monster yang tersebar di seluruh dunia, melatihnya dan membuatnya menjadi lebih kuat, dan menggunakan Pokemon tersebut untuk mengalahkan trainer lain sekaligus menyelamatkan dunia.  Wajar, nama besar Pokemon sebagai game paling populer di dunia membuat game ini sangat sukses di pasaran dan mendapat rating tinggi dari berbagai situs review game. 

Setujukah anda dengan daftar 10 game Nintendo DS terbaik yang kami buat?  Apa game-game NDS yang menurut anda pantas menyandang gelar sebagai yang terbaik?

Artikel Lainnya