10 Game GBA Terbaik

GBA (GameBoy Advance) adalah salah satu konsol game genggam yang cukup populer dan banyak dimainkan di seluruh dunia.  Walaupun saat ini game-game baru yang diproduksi untuk GBA sudah sangat sedikit, memainkan konsol ini cukup asyik dan menarik.  Apalagi GBA juga bisa dimainkan di komputer menggunakan emulator, dan hal ini secara tidak langsung membuat penggemarnya semakin banyak.

Walaupun tergolong konsol lama, GBA memiliki berbagai game yang berkualitas tinggi.  Di dalam artikel kali ini, Top10Indo akan membahas 10 game GBA terbaik sepanjang masa yang pasti membuat anda mendapatkan pengalaman baru ketika memainkannya.  Langsung saja, berikut daftarnya:

Image Credit: Wikimedia Commons


10.  Harvest Moon Friends of Mineral Town


Harvest Moon selalu menjadi game yang asyik di mainkan di segala konsol.  Bagaimana tidak, di sini anda bisa menjalankan berbagai aktivitas, mulai dari bercocok tanam, beternak, bersosialisasi, menikah dengan warga desa, dan masih banyak lagi.  Harvest Moon Friends of Mineral Town sangat mirip dengan Harvest Moon Back to Nature versi PSX, namun memiliki lebih banyak fitur tambahan.

Bagi anda yang tertarik memainkan game ini, kami sarankan untuk mengecek artikel tentang "10 Tips Bermain Harvest Moon".  Dibandingkan dengan Harvest Moon versi PS2 atau NDS, Harvest Moon Friends of Mineral Town ini bisa dibilang lebih bernuansa klasik dan lebih simpel untuk dimainkan.



9.  Legend of Zelda: Link to the Past


Legend of Zelda adalah salah satu franchise video game yang paling laris hingga saat ini.  Serial game ini bercerita tentang perjuangan seorang anak muda bernama Link untuk membebaskan seorang putri cantik yang ditawan bernama Zelda.  Game ini dimainkan dalam sudut pandang third person, dan memiliki genre action adventure.

Pemilik konsol Gameboy Advance cukup beruntung, karena Legend of Zelda Link to the Past disebut-sebut sebagai yang terbaik di serinya.  Musik, jalan cerita, grafis, dan gameplaynya sangat memikat dan bisa membuat anda merasa ketagihan memainkannya.



8.  Super Mario Advance


Serial "Super Mario" adalah serial game paling populer di dunia, dengan penjualan menembus lebih dari 700 juta US Dollar.  Untuk konsol GBA, terhitung setidaknya 10 judul bertema Super Mario Bros yang terbilang sukses di pasaran.  Di antara semua game tersebut, yang layak dikategorikan sebagai yang terbaik dalam konsol GBA berjudul "Super Mario Advance".

Game ini bertema side-scrolling dua dimensi sama seperti Super Mario dalam konsol Nintendo.  Bedanya, grafis yang disajikan jauh lebih bagus dengan gameplay dan fitur baru yang lebih menarik.  Salah satunya adalah kemampuan Mario untuk menunggangi Yoshi (seekor dinosaurus) dalam menempuh petualangannya.



7.  Fire Emblem


Game Fire Emblem adalah salah satu game strategi di GBA yang memungkinkan anda menghabiskan ratusan jam untuk memainkannya.  Di sini, anda memainkan sekelompok pasukan di dunia fantasi yang bertarung menghadapi monster-monster serta para tokoh jahat.  Cara bertarungnya pun cukup unik, seperti menggerakkan bidak-bidak catur.

Kelas dan jenis pasukan yang bisa anda miliki di Fire Emblem juga sangat banyak dan keren.  Ada penunggang kuda terbang, ahli pedang, penyihir, dan banyak lagi.  Semua bisa berubah menjadi lebih kuat jika levelnya sudah naik.  Satu poin lagi, grafis ala anime di game ini sangatlah keren dan cool.



6.  Golden Sun


Berbicara tentang RPG 2 dimensi terbaik di dunia, mungkin kita harus memasukkan nama Golden Sun ke dalamnya.  Bagaimana tidak, game ini benar-benar dibuat dengan sangat mendetail dan indah, bahkan IGN sampai memberi nilai 9,7 dari 10; sebuah rating yang sangat tinggi untuk sebuah game.  Wajar, karena sejak pertama kali anda memainkannya, Golden Sun menjanjikan sebuah dunia fantasi yang memukau.

Grafis, musik, dan presentasi game ini sangat luar biasa.  Jalan ceritanya pun juga sangat mengharukan.  Gameplay dan battle system terlihat keren, di mana anda bisa melakukan summon berbagai sihir dan spirit untuk menaklukkan lawan-lawan anda.  Singkat kata, jika anda adalah penggemar game RPG dan memiliki konsol GBA, maka Golden Sun wajib untuk dimainkan.



5.  Final Fantasy Tactics


Final Fantasy Tactics memiliki gameplay yang hampir sama dengan Fire Emblem, di mana dalam pertempuran anda menggerakkan berbagai unit seperti sebuah papan catur.  Bedanya, game ini lebih unggul dari segi grafis dan jalan cerita.  Anda menjadi seorang anak muda yang terdampar di dunia fantasi, dan harus bertempuran bersama Moggle (makhluk lucu bersayap), manusia kadal, manusia anjing, dan tentu saja manusia normal.  Anda bisa merekrut lebih dari 20 karakter, menentukan job class mereka (bermacam-macam, mulai dari penyihir, ksatria berpedang, pendeta, hingga ninja), menaikkan level, dan tentu saja merubah mereka menjadi lebih kuat.  Bisa dijamin, seratus jam akan berlalu begitu cepat ketika memainkan game ini.



4.   Final Fantasy VI


Serial Final Fantasy memang selalu menjadi primadona dalam berbagai konsol.  Salah satunya adalah Final Fantasy VI di Gameboy Advance, yang merupakan remake (pembuatan ulang) dari game yang sebelumnya dirilis untuk Super Nintendo.  Walaupun masih disajikan dalam grafis 2 dimensi, RPG yang satu ini bisa membuat anda berdecak kagum ketika memainkannya.

Keunggulan utama Final Fantasy VI terletak pada gameplay-nya yang memungkinkan anda untuk mengkostumisasi karakter-karakter di dalamnya sesuai dengan keinginan anda, menjadi seorang warrior, penyihir, dan masih banyak lagi.  Battle system dalam game ini juga sangat menarik dan bisa bersaing dengan RPG-RPG modern yang ada saat ini.



3.  Advance Wars


Pecinta game strategi perang pasti sangat betah memainkan Advance War.  Ya, Advance War sangat asyik untuk dimainkan karena di sini anda mengendalikan unit-unit perang dalam suatu medan.  Unit-unit ini digerakkan secara bergiliran seperti dalam sebuah permainan catur.  Anda bisa mengontrol mulai dari pasuka infantri, tank berukuran besar, helikopter, pesawat, hingga kapal perang.

Untuk memenangkan sebuah pertempuran, anda memiliki dua opsi: menghancurkan semua unit perang lawan atau menduduki markas mereka.  Anda juga bisa memilih komando untuk pasukan anda, di mana setiap komando memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  Sangat menarik dan mengasyikkan!



2.  Tony Hawk's Pro Skater 2


Walaupun grafisnya tidak sebagus versi PlayStation, Tony Hawk's Pro Skater 2 tetap menjadi game primadona terbaik untuk konsol GBA.  Di sini anda bisa menjadi seorang ahli skater yang melakukan berbagai atraksi akrobatik dengan skateboard anda.  Semakin sulit aksi yang anda lakukan, semakin berbahaya risikonya, maka semakin tinggi pula nilai anda.

Sensasi ketika berhasil mendapatkan ribuan poin dari sebuah gerakan sulit sangat luar biasa.  Anda merasa seolah-olah menjadi skater handal yang cool dan keren.  Selain itu, ada berbagai tantangan yang bisa diselesaikan, dan semuanya sangat menantang sekaligus mengasyikkan.



1.  Pokemon Emerald


Terjawab sudah pertanyaan tentang game GBA terbaik.  Ya, serial Pokemon pantas dinobatkan sebagai serial game paling keren untuk konsol GameBoy Advance, dan Pokemon Emerald adalah yang terbaik di antara judul-judul lainnya.  Selain quest yang lebih panjang dan menantang dari serial Ruby/ Sapphire, ada tambahan lebih banyak Pokemon langka yang bisa anda tangkap untuk kemudian dinaikkan levelnya dan dievolusikan menjadi Pokemon yang lebih kuat.

Selain itu, ada fitur yang memungkinkan anda untuk bertarung dengan teman-teman dan saling bertukar Pokemon.  Well, tak ada yang lebih mengasyikkan daripada hidup di dunia Pokemon, berkelana dan berusaha menangkap semua Pokemon yang tersebar di seluruh penjuru benua.

Artikel Lainnya