10 Cara Mudah Berbahasa Inggris

Kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu skill yang sangat vital di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia.  Apabila anda mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan lancar, banyak peluang-peluang baru yang bisa anda dapatkan.  Peluang untuk mendapatkan beasiswa lebih terbuka lebar, begitu juga untuk lolos dalam sebuah seleksi penerimaan kerja.

Walaupun memerlukan ketekunan, belajar bahasa Inggris tidaklah sesulit yang dibayangkan.  Nah, dalam artikel kali ini, Top10Indo akan membahas 10 cara mudah berbahasa Inggris yang bisa membantu proses belajar anda menjadi lebih singkat dan menyenangkan.  Langsung saja, berikut tipsnya:

Image Credit: Wikimedia Commons


10.  Mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris

Langkah pertama yang harus anda lakukan jika ingin bisa lancar dalam bahasa Inggris adalah "mendengarkan".  Lupakan tentang grammar (tata bahasa) dan berbagai aturan rumit lainnya dalam bahasa Inggris.  Temukanlah media yang tepat, yang paling anda sukai untuk bisa mendengarkan sebanyak mungkin percakapan dalam bahasa Inggris.

Dengan belajar grammar, anda hanya bisa mengetahui satu aspek saja dalam bahasa Inggris.  Tapi jika anda mendengarkan, anda tak hanya mempelajari cara untuk mendengarkan, tapi juga cara pengucapan, menambah perbendaharaan kata, dan secara tidak langsung juga melatih tata bahasa anda.



9.  Menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris


Setiap orang pasti memiliki lagu favorit.  Nah, untuk bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat dan tepat, cobalah untuk mencari satu lagu berbahasa Inggris yang anda sukai.  Dengarkan baik-baik, lalu cobalah untuk menyanyikan ulang lagu itu dengan kata-kata yang bisa anda tangkap.  Setelah itu, carilah lirik yang benar dari lagu tersebut.  Sekarang, cobalah untuk menyanyikannya dengan melihat lirik yang benar.

Setelah semakin lancar, cobalah untuk menyanyikan lagu tersebut tanpa catatan lirik anda.  Tahap terakhir adalah menerjemahkan lirik Inggris tersebut ke dalam bahasa Indonesia.  Setelah mengetahui artinya, anda sekarang bisa menyanyikan lagu tersebut sambil memikirkan artinya.  Pasti akan lebih asyik!



8.  Menonton film berbahasa Inggris

Hampir semua film berkualitas sekarang disajikan dalam bahasa Inggris.  Nah, cara paling mudah dan mengasyikkan untuk mempelajari bahasa Inggris adalah dengan menonton film-film favorit anda.  Pilih film yang benar-benar anda sukai, sehingga proses belajar menjadi lebih menyenangkan.

Pada tahap awal, anda boleh menonton film dengan bantuan teks Indonesia.  Setelah selesai, beri jeda satu hari, setelah itu coba tonton film tersebut dengan teks bahasa Inggris.  Karena anda sudah mengerti jalan ceritanya, anda pasti bisa menebak-nebak arti kata yang tidak anda ketahui.  Setelah itu, tontonlah film tanpa teks sama sekali.  Ulang terus metode ini sampai anda merasa kemampuan mendengarkan dan memahami anda sudah semakin meningkat.



7.  Bermain game


Sama seperti menonton film, tujuan bermain game adalah untuk bisa berbahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan.  Tentu saja, anda tidak bisa sembarangan memilih game.  Pilihlah permainan yang di dalamnya terdapat banyak kata-kata dan ada jalan cerita yang cukup panjang, contohnya adalah game-game RPG terbaik untuk konsol PC.

Temukan juga berbagai tips, walkthrough (panduan) dan cheat tersebut, yang biasanya hanya ada dalam bahasa Inggris.  Mau tidak mau, hal ini memacu anda untuk lebih memahami bahasa Inggris.  Bedanya, di sini anda melakukannya dengan antusias dan sukarela karena anda bertujuan menyelesaikan game yang anda sukai dengan sukses.



6.  Menonton video interview (wawancara) tokoh favorit anda dalam bahasa Inggris

Setelah anda cukup percaya diri dengan menonton film atau bermain game, langkah yang agak lebih sulit adalah mendengarkan video interview atau wawancara dalam bahasa Inggris.  Berbeda dengan film atau game, di sini tidak ada petunjuk visual atau jalan cerita tertentu yang bisa membuat anda menebak-nebak arti kata yang ia ungkapkan.

Dalam mendengarkan interview, anda harus benar-benar menangkap kata-kata yang diucapkan.  Gunakanlah Youtube untuk mencari wawancara tokoh favorit anda, karena hal ini bisa menjadi motivasi tersendiri untuk mengetahui arti kata yang diucapkannya.  Jangan ragu untuk mengulang bagian-bagian di mana anda tidak bisa menangkap dengan jelas apa yang ia katakan.



5.  Membaca buku dalam bahasa Inggris


Membaca buku adalah tahap akhir yang mungkin merupakan tahap paling sulit untuk memperlancar bahasa Inggris.  Yang dimaksud buku di sini bukanlah buku cetak atau buku teks, melainkan karya sastra yang benar-benar ditulis dan dipasarkan seperti novel, komik, atau cerita pendek.  Membaca dari buku lebih sulit, karena tidak ada panduan lain selain huruf-huruf dan kata-kata yang digunakan pun pasti lebih rumit.

Mulailah terlebih dahulu dari buku sederhana seperti komik atau manga.  Setelah itu, baru beranjak ke cerita pendek, baru novel.  Dengan membaca buku, perbendaharaan kata dan kemampuan tata bahasa anda akan meningkat drastis.



4.  Manfaatkan sosial media untuk memperlancar bahasa Inggris

Dengan adanya Facebook dan internet, kesempatan untuk mempelajari bahasa Inggris dengan lebih mudah dan menyenangkan menjadi lebih terbuka.  Manfaatkanlah jejaring sosial ini untuk meningkatkan kelancaran anda.  Carilah teman-teman dari berbagai negara, dan cobalah untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris.  Kirim messages, chatting, dan cobalah untuk mengomentari foto-foto dan status mereka.

Jangan takut atau malu jika anda melakukan kesalahan.  Orang-orang asing justru salut dengan usaha anda untuk mempelajari bahasa internasional tersebut.  Jika anda sudah merasa lebih percaya diri, cobalah untuk melakukan chatting melalui video.  Pasti lebih mengasyikkan dan seru.



3.  Temukan kesempatan sebanyak mungkin untuk berbicara dalam bahasa Inggris


Salah satu jalan paling mudah untuk memperlancar bahasa Inggris adalah dengan berbicara dan mendengarkan sebanyak mungkin.  Jika kemampuan praktek anda sudah bagus, kemampuan tertulis akan ikut lancar dengan sendirinya.  Dan jika hal ini terjadi, mendapatkan skor TOEFL di atas 550 adalah hal yang sangat mudah.

Cobalah untuk sebanyak mungkin bisa mempraktekkan bahasa Inggris.  Cari orang asing di kota anda, bercakap-cakaplah dengannya, atau tawarkan diri untuk menjadi pemandu wisata.  Hadiri berbagai acara kebudayaan asing, dan manfaatkan kesempatan ini untuk berdiskusi dalam bahasa Inggris.  Mengikuti English Club  atau klub debat juga menjadi alternatif yang tepat untuk membuat anda lebih lancar dalam menguasai bahasa ini.



2.  Selalu belajar dari materi yang ada di "dunia nyata"

Seperti yang sudah diungkapkan pada poin di atas, jangan memulai belajar bahasa Inggris dari buku cetak atau buku teks seperti yang diajarkan di sekolah-sekolah.  Belajar dari buku-buku tersebut mungkin hanya bisa membuat anda mengerjakan soal bahasa Inggris, namun tidak membuat anda bisa berbahasa Inggris,

Bahasa adalah suatu produk budaya yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.  Oleh karena itu, carilah material yang memang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti lagu, game, novel, jejaring sosial, dan sebagainya.  Percayalah, cara ini akan membuat proses belajar anda terasa lebih menyenangkan, jauh lebih cepat, dan anda tidak akan cepat melupakan ilmu yang sudah diserap.



1.  Jangan terburu-buru


Banyak berbagai tempat kursus yang menjanjikan "lancar berbahasa Inggris dalam satu minggu/ satu bulan/ jangka waktu tertentu".  Yang jelas, dalam belajar bahasa anda tidak bisa terburu-buru.  Jika target anda adalah waktu, maka proses belajar anda seolah-olah akan serasa dikejar-kejar, harus menyelesaikan materi tertentu dalam jangka waktu tertentu.  Hal ini mungkin dalam jangka pendek bisa membuat anda menguasai materi, namun dalam jangka panjang kemungkinan untuk melupakannya juga lebih besar.

Belajarlah pelan-pelan namun konsisten dan bertahap.  Ingat, buat proses belajar anda menjadi suatu hal yang menyenangkan.  Semoga cara mudah berbahasa Inggris dari kami berguna bagi anda!