10 Cara Meningkatkan Daya Ingat

Pernahkah anda berpikir tentang cara-cara mudah dan praktis yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya ingat?  Ya, daya ingat yang kuat memang bisa membawa banyak keuntungan, baik di bidang akademis, profesional, ataupun dalam hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari.  Orang yang memiliki daya ingat kuat juga cenderung lebih mudah dalam mempelajari sesuatu.

Pada kesempatan kali ini, Top10Indo akan memberikan berbagai tips dan cara ampuh untuk meningkatkan daya ingat anda.  Semoga saja artikel dari kami ini bisa memberi manfaat positif bagi kehidupan anda.  Langsung saja, berikut tipsnya:

Image Credit: Wikimedia Commons


10.  Berolahraga secara teratur

Ada pepatah yang mengatakan "jika anda melatih tubuh anda, maka secara otomatis otak anda juga akan lebih terlatih".  Olahraga secara teratur sangat berguna untuk memperlancar aliran darah.  Aliran darah yang lancar akan mempermudah kinerja otak dalam memproses dan menyimpan berbagai informasi yang kita terima.  Dampak akhirnya, kapasitas otak untuk mengingat sesuatu pun akan lebih meningkat.

Usahakan untuk setidaknya meluangkan waktu selama tiga puluh menit untuk melakukan olah raga ringan.  Anda bisa melakukan jogging atau sekedar berjalan-jalan pagi.  Bisa juga melakukan berbagai aktivitas sit-up dan push up, atau melakukan olah raga permainan seperti bulu tangkis dan futsal di akhir pekan.



9.  Hubungan sosial yang baik memperkuat daya ingat


Manusia adalah makhluk sosial.  Hubungan antar manusia mempengaruhi banyak aspek hidup manusia, terutama aspek emosional.  Secara tidak langsung, aspek biologis dan psikologis pun sedikit banyak dipengaruhi oleh hubungan sosial.  Jika anda berada dalam lingkungan sosial yang positif dan memiliki hubungan yang sehat dengan keluarga, teman, dan kekasih, maka hal ini bisa sangat mendukung daya ingat.

Berdasarkan penelitian para ahli, interaksi sosial dengan orang lain seperti bercakap-cakap dan melakukan aktivitas bersama-sama adalah salah satu latihan otak paling efektif.  Di sini, anda tidak hanya melatih aspek kognitif, namun juga afektif.



8.  Tertawa memiliki efek positif untuk otak

Tertawalah, karena tertawa memiliki banyak manfaat bagi tubuh anda.  Dengan banyak tertawa, tubuh kita akan menjadi lebih rileks.  Saat berada dalam keadaan rileks, metabolisme tubuh berada dalam titik puncak terbaiknya.  Aliran darah ke otak menjadi lebih lancar, dan informasi yang diserap pun menjadi lebih efektif dan lebih mudah diingat.

Ada banyak hal yang bisa membuat anda tertawa secara sehat, namun tawa yang paling baik adalah ketika anda sedang menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta.  Oleh karena itu, jika anda merasa murung, cobalah untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa membuat anda tertawa.



7.  Tidur teratur dan cukup


Saat tidur, tubuh kita berada pada  tahap revitalisasi dan pemulihan kembali organ-organ yang digunakan untuk beraktivitas seharian.  Apabila waktu untuk pemulihan ini tidak maksimal, maka kinerja organ-organ tubuh pada hari berikutnya pun menjadi tidak maksimal.  Oleh karena itu, cobalah untuk tidur setidaknya selama 8 jam setiap harinya.

Selain kuantitas dan kualitas tidur, jadwal tidur anda juga harus dibuat seteratur mungkin.  Tidur yang tidak teratur bisa merusak siklus jam tubuh, dan dalam jangka panjang bisa menimbulkan berbagai efek negatif.  Cobalah untuk selalu menghindari tidur lewat tengah malam.



6.  Belajar dengan mood yang baik

Ketika anda berusaha menyerap informasi dan berbagai pengetahuan, pastikanlah bahwa otak anda dalam keadaan fresh dan hati dalam keadaan gembira.  Singkatnya, pastikan mood anda berada dalam kondisi positif sebelum belajar.  Mood yang baik sangat berpengaruh dalam efektivitas belajar.  Informasi yang diserap akan lebih mudah diingat, dan waktu yang diperlukan untuk menyerap informasi akan lebih singkat.

Jika anda tidak sedang dalam mood yang baik, jangan ragu untuk menunda proses belajar anda.  Luangkan waktu selama setengah jam untuk memulihkan suasana hati anda dengan melakukan berbagai hal yang menyenangkan dna menghibur.



5.  Konsumsi makanan yang bisa menutrisi otak


Makanan juga memiliki peranan penting dalam memperkuat daya ingat.  Zat Omega 3 yang banyak terdapat pada ikan dan telur adalah sumber protein yang sangat bermanfaat bagi otak.  Selain itu, teh hijau dan teh herbal juga memiliki kandungan zat antioksidan yang mencegah berbagai kerusakan sel otak.  Selain itu, bayam, kangkung, dan kacang-kacangan juga sangat baik untuk dikonsumsi.

Tak hanya mengonsumsi asupan gizi, anda juga harus memperhatikan dengan cermat makanan yang bisa memberi efek negatif bagi daya ingat.  Makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi sebaiknya dikurangi.  Konsumsi alkohol secara berlebih juga memiliki efek jangka panjang yang bisa merusak otak dan syaraf.



4.  Latihlah otak anda secara rutin

Jika anda ingin otak anda tetap cemerlang, maka anda harus rutin melatihnya.  Biasakanlah untuk setidaknya membaca surat kabar di  pagi hari selama beberapa menit.  Jika anda memiliki hobi menulis, maka anda bisa menulis diary menjelang tidur untuk memberi sedikit "olahraga" bagi otak.  Selain itu, bermain game dan mengisi TTS juga bermanfaat untuk mempertajam daya ingat.

Hindari melakukan aktivitas pasif terlalu banyak, seperti menonton televisi atau film.  Dalam aktivitas ini, sel-sel otak yang berfungsi untuk meningkatkan daya ingat bekerja dengan sangat minim.  Oleh karena itu, jangan berlebihan dalam menonton program televisi.



3.  Hubungkan satu informasi dengan informasi lainnya


Proses ini kerap disebut sebagai metode "asosiasi".  Proses mengingat sesuatu akan lebih mudah dilakukan apabila kita menghubungkan satu fakta dengan fakta yang lain.  Secara jangka panjang, informasi-informasi ini akan lebih mudah diingat di masa depan.  Contohnya adalah saat anda mempelajari tentang nama-nama kota di benua Eropa.  Hubungkan informasi tersebut dengan hal yang menjadi kegemaran anda, misalkan nama-nama kota di Eropa tersebut dengan berbagai klub sepakbola.

Pada masa sekolah, salah satu nasihat guru kita menjelang ujian akhir adalah, "Jangan dihapalkan, tapi dipahami."  Ya, kalimat ini memang sangat efektif untuk memproses informasi dan meningkatkan daya ingat secara keseluruhan.



2.  Hindari stress

Stress adalah musuh utama yang harus anda hindari, karena memiliki berbagai dampak negatif baik secara fisik atau psikologis.  Berdasarkan penelitian Universitas Berkeley, Stress adalah salah satu faktor paling dominan yang menyebabkan pikun di usia tua.  Hal ini membuktikan bahwa stress memiliki peranan dalam memperlemah daya ingat.

Ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk menghidari stress.  Salah satunya adalah melakukan meditasi yang benar.  Stress juga bisa dikurangi dengan cara mengambil masa istirahat dari aktivitas rutin yang biasa anda lakukan setiap harinya.



1.  Temukan metode belajar yang paling efektif


Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menyerap informasi secara efektif.  Ada yang harus mempelajari sesuatu dalam kondisi tenang, ada yang harus sambil mendengarkan musik, dan ada yang harus sambil membacanya keras-keras.  Yang terpenting, anda harus memahami diri anda terlebih dahulu dan mencari cara belajar yang efektif.

Setelah menemukan metode favorit anda, pergunakanlah metode ini setiap anda mempelajari sesuatu.  Jika dilakukan secara terus menerus, maka daya ingat anda akan meningkat.  Baca juga artikel dari kami tentang "10 Tips Cara Belajar Efektif" untuk membantu anda belajar dengan lebih baik.  Semoga berbagai tips dan cara meningkatkan daya ingat dari kami bisa berguna bagi anda.