10 Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah

Sakit kepala sebelah atau migrain adalah jenis penyakit yang sering melanda orang dewasa, terutama yang bekerja di perkotaan dan daerah yang sibuk.  Sakit kepala sebelah memiliki berbagai macam penyebab, mulai dari kondisi tubuh yang tidak fit, sebab psikologis, hingga pengaruh faktor-faktor dari luar seperti polusi dan kebisingan.

Pada artikel ini, Top10Indo akan membicarakan berbagai tips dan cara ampuh mengobati sakit kepala sebelah.  Beberapa teknik pengobatan ini sangat mudah., murah, dan alami.  Langsung saja, berikut tipsnya dari kami:

by Brendan Wood, Flickr.com, Creative Commons


10.  Beristirahatlah dalam kamar yang gelap

Sakit kepala sebelah akan menjadi lebih parah jika anda kurang istirahat.  Salah satu obat paling manjur dan ampuh serta murah untuk mengatasi migraine adalah dengan tidur yang nyaman dan nyenyak.  Akan lebih baik lagi jika anda tidur di tempat yang gelap, bebas dari cahaya, dan jauh dari suara-suara ribut maupun kebisingan.

Kamar gelap membuat panca indera anda lebih santai dalam bekerja.  Indera penglihatan anda tidak akan terlalu banyak mengirimkan sinyal ke otak apabila anda berada di ruangan gelap.  Hal ini mengakibatkan rasa pusing akan berkurang dan perlahan-lahan akan menghilang.



9.  Jangan tidur terlalu larut


Faktor lain yang harus anda perhatikan untuk mengobati sakit kepala sebelah adalah kualitas tidur anda.  Selain memastikan bahwa anda mendapatkan setidaknya 8 jam tidur nyenyak, pastikan pula tidur secara teratur dan tidak terlalu larut.  Tidur larut malam tidak baik bagi metabolisme anda, dan bisa mengacaukan jam tubuh yang bekerja secara alami.

Anda bisa membaca artikel dari kami tentang "10 Cara Mengatasi Susah Tidur" apabila anda termasuk sebagai orang yang mengalami kesulitan tidur awal.  Satu hal lagi, pastikan anda membuka sedikit jendela kamar tidur untuk memperlancar sirkulasi udara dalam kamar.



8.  Konsumsi kafein

Banyak yang beranggapan bahwa kafein adalah salah satu zat yang bisa menyebabkan sakit kepala.  Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, namun kafein hanya bisa mengakibatkan sakit kepala apabila terlalu banyak dikonsumsi.  Jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit, kafein justru memiliki peran sebagai painkiller atau penghilang rasa sakit.

Oleh karena itu, jika anda merasakan migrain, cobalah untuk meminum secangkir kecil kopi, coklat, atau minuman bersoda.  Penelitian juga membuktikan bahwa minum kopi setelah mengonsumsi aspirin atau iboprofen bisa membuat obat-obatan tersebut bekerja lebih efektif.



7.  Jangan telat makan


Telat makan adalah salah satu penyebab utama migrain, terutama bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah.  Saat pasokan nutrisi dari dalam tubuh berkurang, dan saat seharusnya tubuh sudah diisi oleh nutrisi dari makanan namun belum mendapatkannya, di sinilah titik migrain dapat terjadi.  Kurangnya nutrisi membuat tubuh lemas, pandangan berkunang-kunang, dan juga sakit kepala.

Sangat disarankan untuk setidaknya makan 3 kali sehari dengan teratur.  Jika anda memiliki kecenderungan migrain, jangan pernah melewatkan sarapan, walaupun dalam sarapan itu anda hanya mengonsumsi segelas teh dan sepotong kecil roti.



6.  Kompres es

Kompres es bisa secara instan mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh migrain.  Cara membuatnya pun cukup mudah, bungkus sebongkah es dalam handuk yang cukup tebal.  Setelah itu, gunakanlah untuk mengompres bagian belakang leher dan sisi kepala yang terasa sakit karena migrain.  Akan lebih baik lagi jika anda mengompres kepala sambil berbaring, dalam keadaan mata tertutup.

Selain kompres es, cara yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit karena migrain adalah dengan mencelupkan satu atau kedua tangan anda ke dalam air es.  Di dalam air, kepalkan dan buka telapak tangan anda secara berulang-ulang.



5.  Kaldu ayam


Selain enak dan bergizi, kaldu ayam juga bisa mengurangi efek-efek negatif yang diakibatkan oleh sakit kepala sebelah.  Biasanya jika migrain sudah mencapai titik tertentu, kita merasa ingin muntah-muntah.  Nah, di saat inilah anda disarankan untuk mengonsumsi sup sayuran yang banyak mengandung kaldu ayam di dalamnya.

Selain bisa menghentikan sensasi mual dan ingin muntah, anda kaldu ayam juga bisa dengan cepat mengganti cairan yang terbuang ketika anda muntah-muntah.  Selain mengandung banyak kalsium, bahan makanan ini juga memiliki kandungan gizi yang berguna menetralisir efek migrain.



4.  Obat-obatan dokter

Ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengurangi sakit kepala sebelah dan bisa dibeli di apotek dengan bebas.  Untuk tingkat awal, sangat disarankan untuk mengonsumsi Paracetamol yang memiliki fungsi ampuh untuk meredakan sakit kepala.  Tylenol dan Ibuprofen merupakan obat-obatan yang bisa meredakan tahap awal migrain.

Sangat disarankan untuk langsung tidur setelah mengonsumsi obat-obatan di atas.  Hal ini sangat berguna dalam membantu kinerja zat-zat yang terkandung dalam obat-obatan tersebut untuk bekerja lebih efektif dan optimal.



3.  Pijat


Pijat adalah metode yang sudah diajarkan secara tradisional dan turun-temurun oleh orangtua dan kakek-nenek kita.  Prinsip utama dari pijat adalah menekan titik-titik tertentu pada tubuh untuk memperlancar aliran darah ke titik tersebut.  Jika aliran darah tidak lancar, biasanya akan mengakibatkan rasa sakit seperti migrain.

Sangat disarankan untuk memijat kedua sisi pelipis anda, pundak, dan bagian dalam pergelangan tangan.  Urut dan tekanlah bagian tersebut, jika perlu anda bisa menggunakan bantuan balsem, minyak kayu putih, atau minyak tawon.



2.  Konsumsi kalsium

Kalsium bisa didapatkan dari bahan-bahan makanan alami ataupun dalam bentuk suplemen.  Kalsium memiliki fungsi yang sangat baik untuk melancarkan peredaran darah, membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks, dan tentu saja mengurangi rasa sakit kepala yang diakibatkan oleh migrain.  Akan lebih baik lagi jika kalsium dikonsumsi dengan makanan yang mengandung magnesium tinggi.

Kalsium banyak diperoleh dari berbagai sayuran hijau seperti bayam dan kangkung.  Jika anda lebih suka mengonsumsi daging-dagingan, hati ayam dan ikan memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi.  Sementara itu, magnesium secara alami banyak terkandunga pada tomat dan lada.



1.  Akupuntur


Akupuntur adalah sebuah teknik pengobatan dari Cina yang dilakukan dengan cara menusuk titik-titik tertentu di tubuh anda dengan jarum.  Pengobatan ini termasuk dalam kategori pengobatan alternatif, dan cukup populer di Indonesia maupun di negara-negara barat.  Akupuntur dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit, termasuk sakit kepala sebelah.

Jika anda memiliki kecenderungan sering mengalami migrain, akupuntur adalah salah satu terapi yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kecenderungan negatif tersebut.  Walaupun metode pengobatan ini sederhana dan tidak memiliki efek samping, anda tetap disarankan untuk melakukannya bersama ahli akupuntur profesional yang sudah memiliki lisensi dan jam praktek yang tinggi.  Semoga tips dan cara mengobati sakit kepala sebelah dari kami berguna untuk anda.