10 Cara Mudah Belajar Bahasa Jepang

Ada beberapa cara mudah dan cepat untuk belajar bahasa Jepang.  Cara-cara ini jauh lebih menyenangkan dan membuat anda lebih tertarik untuk mendalami bahasa Jepang serta kebudayaannya.  Perlu diingat, untuk mendalami bahasa Jepang anda memerlukan ketekunan dan niat belajar yang baik.  Tapi jangan khawatir, melalui  artikel ini kami akan mencoba membagikan tips untuk mempelajari bahasa Jepang secara mudah dan membuatnya terlihat menarik.  Yang anda perlukan hanya sedikit waktu luang, sedikit niat, dan tentu saja usaha yang sungguh-sungguh.  Berikut 10 cara mudah belajar bahasa Jepang dari Top10Indo  :

Image Credit : Wikimedia Commons


10.  Pelajari sistem penulisan dalam bahasa Jepang



Langkah pertama untuk memudahkan proses dalam belajar bahasa Jepang adalah mempelajari sistem penulisannya.  Berbeda dengan bahasa Indonesia yang hanya memiliki satu macam alfabet, dalam bahasa Jepang ada setidaknya 3 macam alfabet : Hiragana, Katakana, dan Kanji.  Perlu juga diketahui, dalam bahasa Jepang satu huruf mewakili satu kata.  Total, ada 46 huruf yang membentuk suku kata yang bisa digunakan untuk membentuk sebuah kata dan kalimat dalama bahasa Jepang.  Selain Hiragana dan Katakana, ada juga huruf Kanji yang diambil dari karakter Cina.  Kanji biasanya digunakan dalam bahasa tulis, dan ribuan karakter Kanji yang biasa digunakan dalam bahasa tulis.



9.  Hindari belajar bahasa Jepang dengan penulisan huruf Latin

Pada metode awal anda belajar percakapan, mungkin tidak masalah apabila anda mempelajari bahasa Jepang dengan penulisan huruf Latin.  Namun jika anda benar-benar serius, cobalah untuk sesegera mungkin meninggalkan huruf Latin dan langsung mempelajari huruf Hiragana.  Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, huruf dalam alfabet Jepang ada sangat banyak, dan beberapa memiliki tulisan latin yang sama, namun pengucapan yang berbeda, sehingga bentuk Hiragana-nya pun berbeda.  Untuk menghindari kebingungan, jangan terlalu lama menggunakan tulisan Latin saat belajar bahasa Jepang.



8.  Temukan tempat kursus yang terpercaya

Langkah selanjutnya yang paling efektif adalah menemukan tempat kursus bahasa Jepang yang bagus dan terpercaya.  Dengan bimbingan guru yang profesional, langkah anda untuk mempelajari bahasa Jepang akan jauh menjadi lebih mudah.  Yang paling direkomendasikan adalah mencari tempat les yang organisasinya datang langsung dari Jepang, atau memiliki hubungan dengan kedutaan Jepang.  Jika tidak ada, cobalah untuk mengikuti kursus di berbagai universitas yang memiliki jurusan sastra atau bahasa Jepang.  Akan lebih baik lagi jika anda memilih pengajar yang sudah pernah pergi ke Jepang.



7.  Belajar dari buku



Apabila tidak ada tempat kursus bahasa Jepang atau anda tidak ingin mengikuti kelas secara langsung, ada cara untuk mempelajari bahasa Jepang secara otodidak.  Pergilah ke toko buku dan temukanlah buku-buku yang bisa membantu anda untuk mempelajari bahasa Jepang secara maksimal.  Setidaknya, ada tiga macam buku yang harus anda dapatkan : buku belajar bahasa Jepang secara umum (dengan aturan tata bahasa, bacaan, dan soal-soal latihan), buku tentang penulisan alfabet Jepang, dan kamus bahasa Jepang.

Ingat, belajar sendiri dari buku memerlukan kedisiplinan yang tinggi, apalagi jika topiknya adalah bahasa Jepang.  Cobalah juga untuk membaca "Tips Belajar Efektif" dari kami untuk mempermudah proses belajar.



6.  Audio book

Pernahkah anda mendengar tentang konsep audio book?  Audio book adalah semacam alat untuk membantu anda belajar bahasa Jepang.  Bedanya, anda tidak membaca, melainkan mendengar dari rekaman suara berbagai penjelasan, teori, dan instruksi.  Audio book ada yang dijual dalam bentuk CD, ada juga dalam bentuk download MP3.  Beberapa situs website Jepang juga menyediakan contoh-contoh audio book gratis yang bisa anda download.  

Belajar dari audio book bisa menjadi suatu alternatif belajar yang efektif, karena anda akan mendengar langsung pengucapan kata-kata dalam bahasa Jepang.  Salah satu audio book Jepang terbaik adalah yang dipublikasikan oleh "Pimsleur", yang sangat berguna untuk membuat proses belajar anda menjadi mudah.



5.  Belajar online



Yap, ini adalah cara paling mudah untuk belajar Bahasa Jepang.  Saat ini, ada sangat banyak situs-situs yang menawarkan jasa pengajaran bahasa Jepang baik secara online maupun gratis.  Jika anda ingin situs gratis yang mengajarkan membernya dengan berbagai teori akurat, cobalah untuk mendaftar di LiveMocha.  Saat belajar online, anda juga tetap harus disiplin dan memonitor sejauh mana progres anda dalam mempelajari bahasa.  Manfaatkan juga situs-situs seperti YouTube untuk melihat berbagai video tutorial cara mudah belajar bahasa Jepang.  



4.  Membaca komik Jepang/ manga

Dengan membaca manga, anda bisa lebih mudah dalam mempelajari berbagai huruf dan aksara Jepang.  Proses belajar pun dijamin akan lebih menyenangkan, karena ada berbagai cerita yang bisa membuat anda lebih tertarik dan seolah-olah terlibat di dalamnya.  Tentu saja, anda harus menemukan dulu sumber-sumber yang menyediakan manga dengan tulisan Hiragana, Katakana, atau Kanji.

Satu hal lagi, cobalah untuk membaca manga yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari, bukan manga dengan cerita petualangan dan fantasi.  Ini karena biasanya manga dengan cerita sehari-hari memiliki kosa kata yang jauh lebih simpel, dan dari sini anda juga bisa mengetahui realita kehidupan masyarakat Jepang.



3.  Menonton Anime/ film animasi Jepang



Sama seperti membaca manga, menonton anime membuat proses belajar bahasa Jepang menjadi jauh lebih mudah.  Carilah cerita yang anda sukai, dan cobalah untuk menontonnya secara rutin.  Saat pertama kali menonton, tidak masalah jika anda menggunakan bantuan subtitle/ teks berbahasa Inggris atau Indonesia.

Ada banyak anime Jepang yang bisa anda tonton, mulai dari serial populer seperti One Piece atau Naruto.  Anda bisa juga menonton anime khusus yang disediakan untuk pemula yang baru belajar bahasa Jepang.  Dengan terbiasa menonton anime, telinga anda akan jauh lebih terlatih dan familiar dalam mendengarkan berbagai istilah Jepang.



2.  Menikmati kebudayaan pop Jepang / J-Pop



Contohnya adalah lagu-lagu, film layar lebar, gaya berpakaian, dan kebudayaan-kebudayaan Jepang lainnya.  Hal ini bisa menjadi sebuah motivasi yang sangat bagus untuk belajar bahasa Jepang.  Selain anda bisa menemukan cara yang lebih menarik saat belajar, anda bisa juga memahami dan mengetahui berbagai hal yang sedang hit di Jepang.

J-Pop tampaknya sudah sangat masuk dalam budaya Indonesia.  Contohnya adalah idol group JKT48 yang tampil dengan nuansa dan lagu-lagu Jepang.  Selain itu, sudah sangat banyak komunitas pecinta budaya Jepang yang bertebaran di seluruh nusantara.



1.  Berinteraksi langsung dengan orang Jepang

Nah, ini boleh dibilang sebagai cara yang paling efektif untuk belajar bahasa Jepang, karena apa yang sudah anda pelajari selama ini harus diterapkan secara langsung.  Jika anda memiliki dana lebih, cobalah untuk pergi liburan ke Jepang dan menerapkan langsung ilmu yang anda pelajari.  Alternatif lain, anda bisa mencoba mencari pusat kebudayaan Jepang, mencari turis Jepang, dan bercakap-cakap dengannya.  Jika tidak ada?  Jangan khawatir, masih ada fasilitas online yang memungkinkan anda chatting dengan orang Jepang, baik menggunakan teks atau video.  Intinya, cobalah untuk menerapkan langsung semua teori yang sudah anda pelajari.  Percayalah, cara ini akan membuat proses belajar bahasa Jepang menjadi lebih mudah.

Artikel Lainnya