10 Cara Memasak Daging Sapi

Memasak daging sapi bisa dilakukan dalam berbagai cara.  Anda bisa menghidangkannya menjadi berbagai macam hidangan yang menggiurkan, lezat, dan menyehatkan.  Bahkan, beberapa makanan paling enak di Indonesia terbuat dari daging sapi.  Nah, apa sajakah masakan olahan daging sapi yang bisa anda buat?  Berikut adalah 10 cara memasak daging sapi a la Top10Indo  :

Image Credit : Wikimedia Commons



Tips mengolah daging sapi  :

Perlu diperhatikan, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat daging sapi lebih empuk dan lezat uuntuk  dinikmati  :

-  Beli daging sapi berkualitas di tempat yang percaya, untuk memastikan daging tersebut benar-benar segar dan layak dikonsumsi.  Jangan tergoda untuk membeli daging sapi di tempat yang menjualnya dengan harga murah.

-  Untuk memilih daging sapi yang baik, perhatikanlah warnanya.  Daging sapi berkualitas baik memiliki warna merah tua dan bau yang segar.

-  Pastikan untuk mengetahui bagian mana dari daging sapi yang ingin anda masak.  Lebih baik anda melakukan riset atau menengok buku-buku resep agar tidak salah memilih bagian daging sapi yang akan anda gunakan dalam masakan.



10 Aneka Masakan Daging Sapi


10.  Steak



Tak ada yang meragukan kelezatan masakan daging sapi yang dipanggang di atas hot plate ini.  Daging sapi berasal dari daerah Amerika Serikat, dan belakangan ini sangat populer di Indonesia.  Bagian daging sapi yang biasanya dibuat untuk steak adalah bagian sirloin dan tenderloin.  Cara menyantapnya pun berbeda, menggunakan kentang goreng serta berbagai macam sayuran, ditemani dengan saus khas steak yang bisa dipastikan membuat lidah anda bergoyang.

Memasak daging sapi menjadi steak memerlukan keahlian tertentu.  Anda harus bisa memastikan seluruh bagian daging matang, namun tetap terasa juicy dan tidak terlalu kering.



9.  Rendang



Rendang adalah masakan khas daging sapi dari Indonesia.  Kelezatan rendang pun diakui secara internasional, dan terbukti masakan ini menduduki peringkat ke-11 sebagai masakan terlezat di dunia.  Rendang identik dengan masakan padang, diolah dengan sambal berbahan baku kelapa parut dan santan.  Daging sapi yang dipotong relatif kecil tersebut kemudian direbus bersama kuah bumbu rendang hingga meresap.

Rendang sangat nikmat untuk disantap bersama sepiring hangat nasi putih dan sambal Padang, serta segelas teh manis.



8.  Sup



Bicara tentang sup daging sapi, tentunya kita tidak bisa melupakan nikmatnya sup buntut.  Sup jenis ini selain bergizi juga kaya akan cita rasa.  Sekali mencobanya, dipastikan anda akan terus menerus ketagihan.  Sup ini memiliki kuah pekat dengan kelezatan khas daging sapi, namun sama sekali tidak membuat anda merasa mual ketika memakannya.  Biasanya, sup buntut juga dipercantik dengan irisan daun bawang serta seledri, ditambah sedikit saus tomat untuk memperkuat cita rasanya.



7.  Tongseng



Tongseng daging sapi menjadi salah satu masakan yang paling digemari di Indonesia.  Selain gulai sapi, tongseng juga merupakan olahan populer yang sering dibuat terutama pada Hari Raya Kurban.  Memang, kelezatan tongseng sangat bisa membuat orang terpukau ketika memakannya.  Tongseng memiliki kombinasi rasa manis, gurih, dan asin yang sangat memanjakan lidah kita.  Selain itu, tongseng biasanya juga dihidangkan bersama dengan kerupuk udang atau irisan bawang merah sebagai lalapan.  Sangat lezat, dan memiliki cita rasa khas Indonesia.



6.  Bakso



Bakso daging sapi adalah makanan yang bisa anda temukan di hampir seluruh kota di Indonesia.  Masakan dari hasil olahan daging sapi ini sangat populer dan memiliki berbagai jenis.  Yang paling umum, anda akan menemukan bakso daging sapi yang disajikan bersama mie kuning/ putih dalam mangkok bergambar ayam jago.  Biasanya bakso tersebut juga akan dilengkapi dengan beberapa iris sayuran dan bawang goreng.

Ada pula bakso berukuran besar dan berisi telur rebus.  Ada bakso urat yang memiliki sensasi kenyal tersendiri ketika dikunyah.  Yang jelas, bakso merupakan salah satu olahan daging sapi yang paling disukai oleh masyarakat Indoonesia.



5.  Semur



Semur daging sapi adalah salah satu masakan dengan cita rasa Indonesia yang sangat kental.  Daging sapi dimasak dengan menambahkan kecap dalam jumlah banyak serta beberapa bumbu semur khas yang meresap ke seluruh bagian daging.  Biasanya, semur daging sapi juga disajikan bersama semur kentang dan nasi putih, serta sambal untuk menambah cita rasa.  Masakan ini memiliki rasa manis yang sangat dominan, serta sangat cocok untuk disantap di waktu hari raya.



4.  Empal



Empal merupakan salah satu contoh olahan daging sapi yang paling mudah dibuat.  Jangan salah, walaupun simpel, masakan ini justru sangat banyak penggemarnya.  Dibuat dengan cara menggoreng segumpal kecil daging sapi, empal biasa disantap sebagai teman makan soto.  Selain gurih dan kenyal, makanan ini terbukti mengandung protein tinggi yang menyehatkan.

Ada berbagai variasi pengolahan empal di Indonesia.  Namun, bagi saya apapun variasi pengolahannya, empal paling mantap dimakan bersama sepiring hangat nasi putih, tanpa ditemani oleh sayur apapun.  Sensasinya benar-benar...hmmm...mantap!



3.  Abon



Abon adalah olahan daging sapi yang dikeringkan, dan dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi serat-serat kasar namun sangat lembut di lidah.  Abon bisa disimpan selama berbulan-bulan selama disimpan dalam wadah yang kering dan tertutup.  Abon juga memiliki cita rasa yang khas, sangat manis dan memiliki kelezatan daging sapi yang kuat.

Tak ada yang melebihi kenikmatan ketika kita menyantap sepiring nasi putih, segenggam abon, dan diatasnya diberi kucuran kecap manis.  Memang sederhana, namun menyantap makanan ini (apalagi di luar negeri) bisa membuat anda teringat lagi akan cita rasa khas Indonesia.



2.  Dendeng



Satu lagi olahan daging sapi yang diawetkan sehingga bisa disimpan dalam waktu yang lama.  Dendeng adalah daging sapi yang diiris tipis-tipis, dilumuri gula sebagai pengawet, kemudian dijemur di bawah sinar matahari.  Ketika sudah cukup kering, dendeng bisa disimpan selama beberapa bulan dan langsung digoreng apabila anda inging menyantapnya.

Menyantap dendengan memiliki sensasi tersendiri.  Rasa daging yang sedikit alot, dipadu dengan rasa manis dari dendeng membuat anda akan merasa ketagihan.  Singkat kata, dendeng bisa diibaratkan sebagai bacon versi Indonesia.



1.  Sate



Terakhir, namun tak bisa dianggap remeh.  Sate adalah masakan dari daging sapi yang kelezatannya tidak bisa disangkal.  Daging sapi dipotong kecil-kecil seukuran dadu, dilumuri bumbu kecap, dan kemudian dibakar di atas arang yang menyala.  Hmm...cita rasanya sangat khas, apalagi bila dipadu dengan segelas teh atau jeruk panas yang menemani makan anda.

Sate sapi juga biasanya disajikan dengan sambal kecap, di mana lombok hijau dipotong kecil-kecil, tanpa ditumis langsung dicampur bersama kecap manis dan  potongan bawang merah.  Sensasi kelembutan sate sapi yang berpadu dengan kelezatan sambal kecap benar-benar tidak tertandingi!

Artikel Lainnya