10 Tips Cara Pacaran Jarak Jauh (LDR)

Apa sajakah tips-tips penting agar pacaran jarak jauh bisa tetap berjalan lancar dan menyenangkan?  Apa saja yang harus dihindari untuk mencegah rusaknya rasa cinta selama melakukan LDR (Long Distance Relationship)?

Bagi pasangan muda masa kini, pacaran jarak jauh atau LDR adalah sebuah hal lazim.  Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan, mulai dari perbedaan tempat asal, mutasi kerja, atau keputusan untuk melanjutkan sekolah di tempat yang jauh.  Pacaran jarak jauh memang cukup berat dilakukan, karena minimnya interaksi langsung antara anda dan kekasih.  Nah, berikut ini adalah 10 tips LDR terbaik dari Top10Indo  :

Image Credit : by SandyManase, DeviantArt via Creative Commons



1.  Manfaatkan Teknologi Untuk Memperlancar Komunikasi



Komunikasi adalah kunci dari sebuah hubungan.  Seiring dengan berkembangnya teknologi, pertukaran informasi menjadi semakin mudah dan murah untuk dilakukan, walaupun anda berdua dipisahkan oleh jarak yang jauh.  Berusahalah untuk memanfaatkan fasilitas video call Skype, instant messenger seperti YM, WhatsApp, Line; SMS dan juga telepon.  Pastikan untuk meluangkan waktu anda setidaknya satu hari dalam seminggu untuk mengobrol panjang dengan pasangan anda.  Hal ini berguna untuk melepaskan rasa rindu sekaligus saling bertukar kabar anda dengan pasangan.



2.  Komitmen dan Saling Percaya

Yakinkanlah diri anda sendiri dan pasangan anda bahwa anda berdua sama-sama bisa saling setia walaupun jarak memisahkan.  Walaupun tidak bisa memonitor aktivitas pasangan secara langsung, cobalah untuk memberikan kepercayaan penuh pada pasangan anda.  Jangan berprasangka buruk, dan cobalah untuk selalu terbuka dan jujur dalam melaporkan aktivitas anda pada pasangan.  Tentunya rasa saling percaya terhadap komitmen yang telah ditetapkan ini harus dibarengi dengan komunikasi yang intens dan lancar dengan pasangan.



3.  Tentukan Dengan Jelas Tujuan Akhir Hubungan Anda, dan Sepakati Hal Ini Bersama



Dalam pacaran jarak jauh, perlu ada sebuah tujuan akhir yang disetujui oleh kedua belah pihak untuk menjaga komitmen kedua belah pasangan.  Jangan biarkan anda memulai LDR dengan membiarkan diri anda atau pasangan anda mengira-ira kemana arah hubungan anda berdua akan berlanjut.  Tegaskan setidaknya sampai titik beberapa bulan ke depan, ke mana anda berdua akan melangkah.  Tidak harus langsung menunju ke langkah besar seperti pernikahan atau pertunangan.  Mungkin anda berdua bisa memulai dengan saling menemui orang tua masing-masing sebagai tujuan, atau menyatukan visi dan misi sebagai pasangan.



4.  Cobalah Untuk Saling Mengunjungi

Jika anda kebetulan sedang ada di waktu liburan dan memiliki dan yang longgar, buatlah sebuah agenda untuk mengunjungi pasangan anda sebagai salah satu prioritas utama.  Pastikan kunjungan anda terencana dan bisa meninggalkan kesan yang mendalam sekaligus memperkuat hubungan anda berdua.  Bicarakanlah dengan pasangan anda aktivitas-aktivitas yang akan anda lakukan bersama (contohnya, makan malam romantis), dan jangan lupa untuk membawa oleh-oleh dari tempat anda.  



5.  Hindari Komunkasi Yang Berlebihan


Komunikasi intens memang penting, namun apabila berlebihan justru bisa menimbulkan efek negatif dalam pcaran jarak jauh.  Terlalu banyak menelepon, mengirim email, atau chatting bisa membuat anda dan pasangan anda merasa tidak lagi memiliki privasi untuk diri sendiri.  Interaksi yang berlebihan juga membuat kesan "spesial" menjadi jauh berkurang.  Belum lagi hal ini sangat potensial memicu pertengkaran dan kecurigaan.  Jadi, berkomunikasilah dengan pasangan anda secukupnya saja.



6.  Berikan Kejutan-Kejutan Untuk Pasangan Anda



Berikan kejutan untuk pasangan anda pada hari-hari spesial yang mungkin tidak terpikirkan olehnya.  Kejutan tidak harus mahal, bisa berupa kartu ucapan yang dikirim via pos, serangkai bunga, atau bahkan puisi dan lagu yang bisa dikirim via jejaring sosial,  Buatlah pasangan anda bahagia dengan mengirimkan foto-foto terbaru anda yang disertai dengan sepucuk surat.  Memang terkesan kuno, namun hal ini akan selalu terasa romantis, terutama bagi yang mengalaminya.



7.  Bicarakanlah Harapan-Harapan Anda Terhadap Pasangan Anda

Komunikasikan dengan jelas apa yang anda harapkan dari pasangan anda serta alasan yang membuat pacaran jarak jauh anda layak dipertahankan.  Jelaskan padanya bahwa anda mengharapkan dia untuk menjadi sosok tertentu bagi diri anda, misalkan sebagai seorang yang bisa mendukung anda di tengah-tengah menumpuknya tugas kuliah, atau sebagai sosok pendengar yang bisa menjadi tempat anda berbagai kerisauan dalam hati.  Berusahalah untuk saling mengingatkan satu sama lain serta diri anda sendiri untuk menjadi sosok yang diharapkan oleh pasangan anda.



8.  Luangkan Waktu Yang Benar-Benar Spesial Untuk Pasangan Anda



Karena waktu berkomunikasi satu sama lain sangat terbatas, pastikan anda benar-benar free saat berkomunikasi dengan pasangan anda baik itu melalui chatting, video call, atau telepon.  Kesampingkan sejenak tugas-tugas dan kesibukan anda saat sedang berkomunikasi dengannya.  Pastikan untuk mendengarkan semua cerita, keluh-kesah, dan curhatan pasangan anda dengan seksama.  Berikan juga tanggapan yang tepat serta dukungan moral sehingga pasangan anda menjadi lebih bersemangat.



9.  Terbuka dan Jujur

Sama seperti hubungan pacaran biasa, LDR juga menuntut kejujuran dan keterbukaan anda terhadap pasangan.  Jangan mencoba menutupi sesuatu dengan kebohongan.  Komunikasikanlah dengan terbuka dan jujur semua problem serta hal yang berhubungan dengan relationship anda berdua.  Jika ada suatu masalah, cobalah untuk mengungkapkannya pada pasangan anda, dan carilah solusi terbaik bagi anda berdua.  Ingat, satu saja kebohongan bisa merusak hubungan jarak jauh yang sudah anda bina dengan sangat hati-hati.



10.  Jalani Aktivitas Anda Dengan Baik



Ingat, jangan terlalu banyak memikirkan kekasih anda yang berada di tempat jauh.  Pastikan juga untuk menjalani aktivitas anda dengan sempurna, jika perlu carilah aktivitas tambahan yang bisa membuat anda tidak memikirkan pacar anda terus menerus.  Jika anda tidak menjalani aktivitas dengan baik, hal ini akan menimbulkan banyak kerugian untuk diri anda, dan pada akhirnya akan berdampak juga pada hubungan jarak jauh dengan pasangan.  Intinya, be good and be happy!