10 Komik Online Bahasa Indonesia Terbaik

Ada cukup banyak komik online bahasa Indonesia yang bisa kita baca secara gratis via internet.  Komik-komik karya seniman muda Indonesia ini kualitasnya juga tidak kalah dari manga Jepang atau komik Amerika yang sudah mendunia.  Beberapa dari komik strip tersebut juga cukup seru, lucu, bahkan mengharukan dan bisa membuat galau.  Apa sajakah 10 komik online bahasa Indonesia terbaik?  Berikut daftarnya dari Top10Indo  :




1.  Grey & Jingga



Komik karya Sweta Kartika ini berkisah tentang percintaan yang rumit antara seorang gadis cantik berkacamata bernama Jingga dan cowok cool berambut gondrong bernama Grey.  Grey dan Jingga adalah teman satu kampus, dan tampaknya ada kecenderungan persahabatan mereka akan mengarah ke hubungan percintaan.  Namun mengubah persahabatan menjadi hubungan cinta bukanlah hal yang mudah, karena Grey dan Jingga tampak masih malu-malu mengakui perasaan mereka.  Kisah pun menjadi makin rumit ketika ada pihak-pihak lain yang mencoba menjadi lebih dekat dengan Grey maupun Jingga.

Komik strip Grey & Jingga ini sangat menarik karena didukung oleh kemampuan desain karakter yang sangat baik oleh Sweta Kartika, sang kreator.  Baik Grey, Jingga, maupun tokoh-tokoh pendukung lain seperti Zahra, Zahwa, dan Martin mempunyai kepribadian yang sangat khas, yang semuanya bisa ditampilkan hanya dalam 4 atau 5 kolom cerita per episode.  Singkat kata. Grey & Jingga wajib dibaca bagi anda pemerhati komik Indonesia.




2.  Si Juki



Di antara komik strip lainnya yang hadir di Facebook, "Si Juki" boleh dibilang sebagai yang paling ramai dikomentari oleh para pembaca.  Komik ini bercerita tentang kehidupan si Juki, anak muda yang anti-mainstream.  Dalam serial ini, kita bisa dibuat ketawa sekaligus terheran-heran menyaksikan ulah Juki sehari-hari yang sangat nyentrik.  Tak hanya tingkah yang lucu dan anti-mainstream, si Juki terkadang juga melontarkan kritik yang lumayan pedas terhadap kondisi di Indonesia saat ini, contohnya dalam kisah 4 hal bodoh yang sering dilakukan fans fanatik (http://sijuki.com/4-hal-bodoh-yang-sering-dilakukan-fansfanatik/).

Saat ini, si Juki juga terbit dalam bentuk komik interaktif, di mana dalam satu episode komik strip terdapat beberapa opsi yang bisa dipilih berdasarkan voting terbanyak para pembaca.




3.  QDJY QOTAQ QTJYL (Keji Kotak Kecil)



Jika anda mencari komik yang benar-benar aneh dan nyentrik, mungk komik "QDJY" (baca : Keji) inilah pilihan yang tepat bagi anda.  Komik ini bercerita tentang kehidupan seorang anak berkepala kotak dan anjing kecilnya yang bernama EQY (baca : Eki).  Cerita komiknya sederhana, bahkan hampir tanpa kata-kata.  Yang cukup menarik adalah akun kreator komik QDJY, PRESYDEN QDJY yang memposting banyak hal-hal luar biasa nyentrik.  Contohnya adalah bahasa QDJY yang super aneh yang digunakan untuk berkomunikasi sebagai ganti bahasa Indonesia.  Ada juga puluhan postingan lucu, kebanyakan hasil kreasi yang digunakan untuk menyindir beberapa tokoh dan artis di Indonesia.  Belakangan ini, PRESYDEN QDJY juga aktif menerbitkan KTP khusus untuk warga penduduk QDJY yang bisa membuat anda tertawa hanya dengan membaca keanehan-keanehan yang tertulis dalam KTP tersebut.  Kreativitas QDJY memang pantas dipuji, dan hingga saat ini komik strip dan akun Facebook-nya tidak pernah gagal membuat saya tertawa.




4.  KOSTUM (Komik Strip Untuk Umum)



Bagi anda yang menyukai komik berisi sindiran dan kritik untuk pemerintah dan kondisi sosial-politik di Indonesia, maka anda wajib membaca KOSTUM.  Komik ini dibuat sebagai tanggapan isu-isu yang marak beredar di Indonesia, seperti pemilu, sidang koruptor, premanisme, dan masih banyak lagi.  KOSTUM selalu disajikan dalam edisi berwarna dan menyampaikan kritik dengan lugas dan langsung.  Kritik yang disampaikan juga cukup pedas, didukung dengan ilustrasi satirik yang bisa membuat pihak-pihak yang merasa tersindir tersenyum kecut ketika membacanya.

KOSTUM juga menyediakan kontes khusus, di mana pembaca yang berhasil memberikan komentar pertama kali saat komik diterbitkan bisa mendapatkan kehormatan untuk digambar sketsa wajahnya oleh sang kreator dan dipajang sebagai cover page Facebook KOSTUM.




5.  Tuti and Friends



Tuti and Friends adalah komik yang bercerita tentang kehidupan gadis imut bernama Tuti.  Tuti, gadis imut berambut pink, berpipi tembem, dan selalu membawa sikat gigi raksasa ke mana-mana digambarkan sebagai anak kecil polos yang cadel.  Kepolosan Tuti dan kawan-kawannya yang tidak kalah imut inilah yang menjadi daya tarik utama komik "Tuti and Friends".  Kita bisa jadi merasa gemas sendiri menyaksikan polah tingkah Tuti yang unyu-unyu ketika berinteraksi dengan teman-temannya, membeli es tung-tung dari Pak Sapi, atau ketika mencoba berdialog langsung dengan "Om Kleatol", sang kreator pencipta komik ini.




6.  Pavlichenko



Well, saya cukup kehabisan kata-kata ketika mencoba mendeskripsikan komik ini.  Mungkin karena kreativitas sang kreator yang sudah tingkat dewa sehingga ia bisa menciptakan cerita-cerita absurd yang sangat lucu (well...beberapa juga bisa dikategorikan sebagai "disturbing") dan tidak terduga.  Pavlichenko bercerita tentang kehidupan seorang pria kekar bernama Pavli, yang digambarkan dalam sosok khas pria tradisional Rusia.  Berbadan tinggi besar, penuh brewok, dan berotot, Pavli tidak canggung-canggung untuk mengenakan berbagai macam kostum imut di dalam komik.  Yang lebih seru, Pavlichenko juga sering memparodikan karakter-karakter dari komik strip lainnya, seperti Grey, Jingga, dan Zahra.  Jika anda ingin tertawa sepuas-puasnya, saya sarankan untuk membaca kisah Pavlichenko ini.

Website: 



7.  Icut n Friends



Hampir sama seperti komik "Tuti and Friends", Icut n Friends menyajikan cerita seputar keimutan gadis kecil yang polos.  Bedanya, Icut tampaknya sedikit lebih tua dan permasalahan yang muncul di kehidupan sehari-hari Icut juga lebih kompleks dari masalah yang dihadapi Tuti dan kawan-kawannya.  Satu hal yang sangat saya sukai dari komik strip karya Dini Marlina ini adalah goresan gambar dan gaya ilustrasi karakternya yang sangat bagus dan terkesan profesional, sangat mirip dengan gaya manga Jepang.  Mudah-mudahan saja di masa depan ada stasiun TV yang berminat mengangkat serial Icut ini sebagai sebuah anime.



8.  Kepo



Komik "KEPO" menceritakan tentang kehidupan sehari-hari beberapa remaja putri di sekolah.  Tiap-tiap karakter yang tampil dalam komik 4 kolom kali 2 per edisinya ini memiliki karakter yang berbeda-beda satu sama lain.  Ada yang sangat pintar, ada yang seksi dan memiliki dada besar, ada pula yang maniak dengan kebudayaan Jepang.  Gaya ilustrasi dan desain karakter komik ini juga sangat menarik, kisahnya lucu, dan sangat bisa menyegarkan pikiran anda.




9.  Aziz & Yahya



Komik ini memiliki jalan cerita yang cukup unik.  Seorang pemuda bernama Aziz Yahya tiba-tiba mendapat kutukan yang membuat dirinya terbelah menjadi dua sosok yang berbeda, Aziz dan Yahya.  Ia pun harus melalui sebuah petualangan penuh rintangan untuk menghapus kutukan ini.  Yang sangat menarik dari komik ini, di sela-sela jokes yang disampaikan selalu ditampilkan tokoh-tokoh karakter manga Jepang seperti Sailor Moon, Naruto, dan One Piece.  Kisah petualangan Aziz dan Yahya pun seratus persen bertemakan fantasi dan cocok bagi anda yang mungkin ingin mencari variasi karena kebanyakan komik strip Indonesia lebih banyak mengangkat tema kehidupan sehari-hari.




10.  Benny & Mice



Boleh dibilang, Benny & Mice adalah legenda di dunia komik strip Indonesia.  Serial yang sempat rutin dimuat di harian Kompas ini mencoba menyampaikan sindiran tentang kondisi sosial-politik-budaya di Indonesia.  Kenaikan BBM, kasus korupsi, hingga fenomena alay di Facebook tak luput dari perhatian sang kartunis.  Sindiran ini disampaikan dari sudut pandang sang tokoh utama, Mice, yang kondisi ekonominya berada di level menengah ke bawah.  Kesuksesan komik Mice ini tampaknya menjadi inspirasi munculnya komik-komik strip lain bertema serupa.


Nah, di antara komik-komik tersebut, yang manakah selera anda?  Tentunya sebagai penulis kami berharap karya-karya seniman kreatif Indonesia ini bisa lebih diapresiasi oleh masyarakat, dan bukan tidak mungkin jika suatu saat bisa menjadi terkenal di internasional, seperti yang terjadi pada komikus-komikus Jepang dan karyanya.

Artikel Lainnya