10 Game Open World Terbaik

Game open world adalah game di mana anda bebas menjelajah dari satu tempat ke tempat lainnya, sekedar berjalan-jalan, menikmati suasana dalam game, menyelesaikan side-quest, atau membuat berbagai kerusuhan seperti yang bisa anda lakukan di game-game Grand Theft Auto.  Salah satu ciri lain game open world adalah adanya lokasi luas yang bisa dijelajahi, dan di lokasi-lokasi tersebut ada banyak NPC serta objek yang bisa anda ajak berinteraksi.  Nah, apa sajakah 10 game open world terbaik?  Berikut daftarnya :

by John Lester on Flickr.com, Creative Commons



10.  Saints Row : The Third



Bagi anda yang menyukai game-game sejenis GTA, anda pasti sangat menikmati bermain Saints Row The Third.  Yap, game open world ini adalah serial ketiga dari franchise game Saints Row, dan memiliki gameplay yang sangat mirip dengan Grand Theft Auto series.  Bedanya, permainan di Saints Row jauh lebih gila, lebih mudah, dan lebih seru.  Anda bisa menggunakan berbagai pilihan senjata seperti pisau, pemukul baseball, senapan mesin, roket launcher, dan lain-lain.  Dalam Saints Row, anda bebeas berkelana di kota yang disebut "Steelport".  Di sini anda bisa melakukan berbagai hal seru, mulai dari balapan, bertempur dengan geng musuh, atau mengacaukan kota dengan menyerang warga sekitar dengan berbagai senjata.  Di steelport, anda juga harus bersiap menghadapi kejaran polisi, 4 geng lawan yang berbeda, bahkan sepasukan zombie.  Namun jangan takut, persenjataan anda cukup lengkap, dan anda bisa memanggil teman-teman anda untuk bertempur bersama; mulai dari anggota geng hingga superhero.

Singkatnya, Saints Row the Third adalah salah satu game open world terbaik yang sangat cocok untuk melepaskan stress.  Sangat kami rekomendasikan untuk dimainkan! 




9.  Batman : Arkham City



Dalam game ini, anda harus menelusuri Arkham City yang gelap dan penuh dengan kriminal.  Berperan sebagai Batman, anda harus berusaha untuk memanfaatkan kegelapan malam dan menyelinap di balik bayangan.  Walaupun suram, Arkham City sangat menarik untuk dijelajahi.  Anda bisa mendapatkan berbagai misi baru, item-item rahasia, atau sekedar mencegah sekelompok bandit untuk melakukan kejahatan.  Anda pun bisa menggunakan berbagai cara untuk menjelajahi Arkham City, mulai dengan menggunakan Batmobile, berjalan kaki, atau menggunakan senjata pengait untuk melompat dari satu gedung ke gedung lainnya.



8.  Borderlands 2



Pecinta game first person shooter pasti akan sangat suka memainkan game Borderlands 2.  Game ini berfokus pada pertempuran pistol, dan jangan salah, ada ribuan senjata yang bisa anda gunakan untuk membasmi musuh-musuh jahat.  Dalam Borderlands, anda berperan sebagai Vault Hunter, seorang pemburu harta yang berusaha menyelesaikan berbagai misi dan membunuh musuh utama anda, Handsome Jack.

Dunia tempat anda bisa berkelana dengan bebas disebut Pandora.  Di Pandora, ada berbagai macam tempat yang bisa anda jelajahi, mulai dari kota, gurun pasir, padang salju, bangunan futuristik, perkemahan bandit, kapal terdampar, dan masih banyak lagi.  Di semua tempat itu selalu dihuni oleh monster dan bandit-bandit jahat, maka ke manapun anda pergi pasti akan selalu menjanjikan pertempuran yang seru.



7.  Assassin's Creed 3



Membicarakan game open world terbaik tidak mungkin dilakukan tanpa menyebut nama serial Assassin's Creed.  Yap, serial ini memang dikenal sangat seru dan menarik, serta cukup populer juga di Indonesia.  Assassin's Creed 3 adalah keluaran terbaru seri ini, dirilis di tahun 2012.  Di sini, anda berperan sebagai Connor yang harus menjelajahi dunia di Amerika abad ke-18.

Berbagai aksi seru bisa anda lakukan ketika menjelajah dunia Assassin's Creed, mulai dari memanjat gedung yang sangat tinggi, berburu binatang di padang salju, atau diam-diam mencoba membunuh musuh anda.  Semuanya terasa sangat menyenangkan, dan saat anda berhasil naik ke tempat tertinggi lalu melihat ke sekeliling anda...wow...rasanya sangat memuaskan.



6.  Sleeping Dogs



Lagi, sebuah game sejenis GTA di mana anda bebas menjelajah kota Hong Kong dan memilih untuk menjadi orang baik dengan membantu polisi, atau menjadi penjahat dengan melakukan berbagai macam tindak kriminal.  Dirilis di tahun 2012, game ini memiliki grafis yang lebih indah dan sistem pertempuran yang lebih seru dibandingkan GTA.  Anda berperan sebagai Wei Shen, seorang polisi yang menjadi mata-mata untuk menyusup ke dalam berbagai organisasi mafia.  Satu kelebihan Sleeping Dogs adalah sistem pertarungan tangan kosong ala Jackie Chen, di mana anda bisa melakukan berbagai gerakan kungfu spektakuler untuk menghancurkan musuh-musuh anda.



5.  Minecraft



Jangan salah, walaupun Minecraft berukuran kecil dengan grafis yang sangat sederhana, game ini termasuk sebagai salah satu game PC ringan terbaik yang pernah dirilis.  Sesuai dengan tema kita kali ini, Minecraft menjanjikan anda sebuah petualang di dunia open world, di mana anda bebas menjadi apa yang anda mau.  Anda bisa membangun sendiri dunia anda, mengumpulkan berbagai sumber daya langka, menciptakan senjata, atau menjelajahi hutan dan membunuh monster-monster jahat.  Dalam game ini, anda tidak sekedar berperan sebagai player, namun juga sebagai kreator.



4.  Grand Theft Auto  :  San Andreas



Game ini memang sudah terbilang lama, tapi pasti tetap menjadi sebuah game yang sangat berkesan bagi banyak orang.  GTA San Andreas adalah sebuah game yang berhasil menentukan standar bagi open world game.  Sangat seru, unik, lucu, dan mengasyikkan.  Di game ini, anda berperan sebagai CJ, seorang kriminal kulit hitam yang baru bebas dari penjara.  Anda bisa memilih untuk menyelesaikan misi, atau sekedar bermain-main menjelajahi kota San Andreas yang sangat luas, dengan mobil, motor, sepeda, pesawat, atau bahkan berjalan kaki.  Kota San Andreas terlihat sangat hidup, di mana anda bisa melihat banyak orang joging di pagi hari, dan pesta-pesta pantai di malam hari.  Sungguh sebuah game nostalgia yang sangat keren.



3.  Far Cry 3



Far Cry 3 bisa dibilang sebagai game open world terbaik yang dibuat di tahun 2012.  Selain grafis yang luar biasa bagus, Far Cry juga menawarkan dunia yang berbeda dari game-game lainnya.  Yap, di sini anda menjelajahi hutan tropis Papua Nugini yang masih banyak dihuni hewan ganas seperti harimau, beruang, bahkan komodo.  Desa-desa yang anda temui pun masih sangat sederhana, hanya berisi gubuk sederhana beralaskan jerami.  Dalam penjelajahan anda, jangan kaget jika anda menemukan kuil-kuil kuno dan patung-patung berhala yang dijaga oleh sekawanan hewan buas, atau gua bawah tanah yang di dalamnya terdapat kerangka tentara Jepang dari Perang Dunia II.  Belum cukup menantang, anda juga harus membasmi sarang bandit dan mendaki menara radio yang sangat tinggi untuk membuka rahasia-rahasia terpendam di suatu wilayah.  Tanpa membicarakan storyline dan gameplay-nya pun, kita sdah tahu bahwa Far Cry 3 adalah sebuah game yang berkualitas.



2.  Grand Theft Auto : IV



Nah, jika anda benar-benar kagum dengan GTA San Andreas, maka anda harus memainkan GTA IV.  Di game ini, dunia tempat anda bermain jauh lebih indah dan realistis.  Ada lebih banyak variasi kendaraan, tempat-tempat untuk bersenang-senang, serta lebih banyak interaksi yang bisa anda lakukan di Liberty City. Tentu saja, anda juga bisa melakukan aktivitas lama : bersenang-senang sambil membuat kekacauan sebanyak mungkin.  Yang jelas, GTA IV adalah satu dari sedikit game yang bisa meraih nilai sempurna 10 dari 10 oleh berbagai website review.  Dan jika menilik gameplay, storyline, dan kebebasan untuk menjadi apa yang anda inginkan, game ini memang pantas mendapatkan nilai sempurna tersebut.




1.  The Elder Scrolls V : Skyrim



Jika ada game open world yang lebih bagus dari Grand Theft Auto Series, maka game itu adalah The Elder Scrolls V : Skyrim.  Di game ini, anda benar-benar bebas menjadi apa yang anda mau.  Dari awal, anda bisa memilih sendiri seperti apa karakter anda, pria atau wanita, gemuk atau kurus, serta ada berbagai pilihan ras (termasuk ras mnusia kadal dan manusia kucing!) yang memiliki kekuatan unik masing-masing.  Belum cukup, di dunia ini ada puluhan kota, ratusan dungeon untuk dijelajahi, serta ratusan markas musuh.  Ada pula banyak rahasia tersembunyi di puncak gunung, dasar danau, atau di gua rahasia.  Di game ini, setiap orang bisa anda ajak berinteraksi, dan mereka juga benar-benar melakukan aktivitas sehari-hari; bangun di pagi hari, membuka toko, istirahat siang, dan tidur di malam hari.  Jika kota diserang oleh kawanan bandit, warga kota juga akan ikut bertempur melawan anda.  Jika ada yang mati terbunuh, akan dibuatkan sebuah kuburan untuknya, dan jika anda menjalin hubungan baik dengannya, anda akan menerima harta warisan.

Belum cukup kompleks, Skyrim juga menjanjikan anda ratusan pilihan yang bisa anda ambil.  Anda bisa memilih bergabung dengan pemerintah, atau bertarung bersama pemberontak untuk menggulingkan raja.  Anda bisa menjadi pembasmi vampir, atau memutuskan untuk bergabung bersama vampir dan menerima kekuatan khusus.  Atau anda bisa menjadi pembunuh bayaran, atau membasmi kelompok pembunuh bayaran tersebut di gua rahasia.  Belum cukup, masih ada ratusan aktivitas lain yang bisa anda lakukan, seperti menikah, membuat senjata, belajar sihir, bercocok tanam, memasak, atau sekedar menjelajah dunia Skyrim yang penuh monster dan  naga ganas.

Intinya, Skyrim sangat pantas dinobatkan sebagai game open world terbaik.  Anda tidak hanya bermain di Skyrim, namun juga hidup di dalamnya.

Artikel Lainnya